10 Negara yang Memiliki Pulau Terbanyak, Indonesia Peringkat Berapa?

Kamis, 10 Agustus 2023 - 02:35 WIB
loading...
10 Negara yang Memiliki Pulau Terbanyak, Indonesia Peringkat Berapa?
Inggris merupakan salah satu negara yang memiliki pulau terbanyak. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Negara kepulauan menarik bagi imajinasi bagi banyak orang. Itu menunjukkan negara besar yang memiliki teritorial yang luas.

Negara yang memiliki banyak pulau juga menunjukkan suatu kekayaan alam yang melimpah. Itu menjadi destinasi wisata yang menjadi peluang ekonomi bagi negara tersebut.

Berikut adalah 10 negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia.

1. Swedia (267.570 Pulau)

10 Negara yang Memiliki Pulau Terbanyak, Indonesia Peringkat Berapa?

Foto/topschoolsintheusa

Negara-negara Eropa Utaralah yang memiliki pulau terbanyak di dunia. Swedia dengan total tidak kurang dari 267.570 pulau!

Bukan pulau dengan pantai putih, pohon kelapa yang melambai dan terumbu karang warna-warni, melainkan mutiara alam yang indah. Tidak semuanya berpenghuni: orang hanya hidup dari 984 dari mereka.

Gotland di Laut Baltik adalah pulau Swedia terbesar, diikuti oleh Öland, Södertörn, dan Orrust. Pulau Marstrand, barat laut kota Gothenburg, adalah suatu keharusan. Pulau bebas mobil ini menjadi tujuan favorit bagi mereka yang ingin berjalan-jalan tanpa henti dan menghirup udara segar di tengah lanskap yang megah.

2. Finlandia (179.584 Pulau)

10 Negara yang Memiliki Pulau Terbanyak, Indonesia Peringkat Berapa?

Foto/topschoolsintheusa

Melansir topschoolsintheusa, Finlandia memiliki 179.584 pulau menurut sumber resmi. Terutama di dekat pantai selatan Finlandia terdapat banyak pulau kecil dan besar. Namun, tidak semua pulau Finlandia terletak di laut. Finlandia memiliki tidak kurang dari 188.000 danau, dan di danau-danau tersebut Anda akan menemukan tidak kurang dari 98.050 pulau.

Kepulauan Ă…land adalah tujuan wisata yang menarik. Kepulauan ini terletak di antara Finlandia dan Swedia. Alam di Kepulauan Ă…land sungguh fantastis. Di musim panas orang dapat menikmati banyak olahraga air, sementara ski lintas alam dan seluncur es ada dalam program di musim dingin.

3. Norwegia (50.000 Pulau)

10 Negara yang Memiliki Pulau Terbanyak, Indonesia Peringkat Berapa?

Foto/topschoolsintheusa

Negara bagian Norwegia memiliki sedikitnya 50.000 pulau. Kepulauan Norwegia membentang dari Spitsbergen di ujung utara hingga Pulau Bouvet di Antartika.

Pulau Bouvet memiliki reputasi sebagai pulau paling terpencil di dunia. Pulau itu tidak berpenghuni; satu-satunya perusahaan Anda adalah burung dan anjing laut. Tujuan ideal untuk benar-benar mengisolasi diri dari seluruh dunia, ribuan kilometer dari desa terdekat. Orang juga harus memperhitungkan iklim yang keras. Ini juga berlaku untuk banyak pulau Norwegia lainnya, seperti Spitsbergen di Kutub Utara.

Jika ingin pergi ke pulau Norwegia dan lebih suka yang lebih hangat, yang terbaik adalah pergi ke Lofoten. Lofoten terletak di utara Lingkaran Arktik, tetapi untungnya Arus Teluk mengirimkan air laut yang hangat ke pulau-pulau tersebut. Akibatnya, suhu bisa naik hingga dua puluh derajat yang menyenangkan di musim panas.

4. Kanada (30.000 Pulau)

Jumlah pulau Kanada juga tidak diketahui secara pasti. Setidaknya 30.000. Banyak dari mereka terletak di utara Lingkaran Arktik. Georgian Bay, di selatan negara itu, adalah kepulauan air tawar terbesar di dunia. Georgian Bay juga dikenal sebagai 'kepulauan 30.000 pulau'.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1535 seconds (0.1#10.140)