Polandia Kirim Pasukan Tambahan ke Perbatasan dengan Belarusia

Rabu, 09 Agustus 2023 - 05:11 WIB
loading...
Polandia Kirim Pasukan Tambahan ke Perbatasan dengan Belarusia
Polandia kirim pasukan tambahan ke perbatasan dengan Belarusia. Foto/Ilustrasi
A A A
WASRSAWA - Polandia telah menyetujui pengiriman 1.000 tentara tambahan ke perbatasan dengan Belarusia setelah permintaan dari dinas penjaga perbatasan. Hal itu dilaporkan kantor berita pemerintah Polandia, PAP.

Polandia mengatakan langkah itu dilakukan di tengah meningkatnya penyeberangan perbatasan ilegal yang dibantu oleh penjaga perbatasan Belarusia dan setelah tentara dari kelompok tentara bayaran Wagner muncul di dekat perbatasan.

Kementerian Pertahanan Polandia mengatakan pengerahan itu karena situasi dinamis di perbatasan Polandia-Belarusia dan atas permintaan dari penjaga perbatasan itu sendiri.

Sekitar 2.000 tentara saat ini beroperasi di perbatasan dengan Belarusia, membantu 5.000 penjaga perbatasan.

Wakil Menteri Dalam Negeri Maceij Wasik mengatakan tekanan migrasi di perbatasan dengan Belarusia semakin meningkat.



"Penyeberangan diatur oleh penjaga perbatasan Belarusia yang tanpa partisipasinya tidak akan mungkin untuk dilewati," katanya seperti dikutip dari DW, Rabu (9/8/2023).

Wasik mengatakan dinas Belarusia telah menggunakan alat untuk merusak pagar perbatasan agar para migran dapat menyeberang.

Wakil menteri Polandia itu menambahkan bahwa telah terjadi peningkatan agresi terhadap penjaga perbatasan, tentara, dan petugas polisi Polandia di perbatasan.

Dia mengatakan botol, batu, dan cabang telah dilemparkan ke arah mereka dan, dalam satu insiden di bulan Juni, sebuah benda yang diduga ditembakkan dari senjata pneumatik telah menembus jendela mobil penjaga perbatasan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1176 seconds (0.1#10.140)