Studi: Pandemi Tingkatkan Angka Kematian Akibat HIV dan TBC di Negara Miskin

Rabu, 29 Juli 2020 - 21:21 WIB
loading...
Studi: Pandemi Tingkatkan Angka Kematian Akibat HIV dan TBC di Negara Miskin
Sebuah studi memprediksi bahwa kematian akibat HIV, TBC dan malaria dapat melonjak di negara-negara miskin dan menengah, karena sistem kesehatan yang sudah lemah bergulat dengan gangguan parah dari pandemi Covid-19. Foto/Ist
A A A
LONDON - Sebuah studi memprediksi bahwa kematian akibat HIV, TBC dan malaria dapat melonjak di negara-negara miskin dan menengah. Ini karena sistem kesehatan yang sudah lemah bergulat dengan gangguan parah dari pandemi Covid-19 .

Menurut studi tersebut, yang diterbitkan dalam jurnal Lancet Global Health, memprediksi bahwa selama lima tahun ke depan, kematian dari ketiga penyakit dapat meningkat masing-masing sebanyak 10%, 20% dan 36%, menempatkan dampak kematian pada skala yang mirip dengan dampak langsung pandemi Covid-19 itu sendiri.

( )

Badan AIDS PBB dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada pertengahan Juli memperingatkan kekurangan stok tersebut, dengan lebih dari sepertiga negara di dunia sudah mengatakan bahwa mereka berisiko kehabisan ARV.

Dengan malaria, penelitian ini menemukan dampak terbesar adalah gangguan distribusi kelambu berinsektisida, yang melindungi jutaan orang agar tidak terinfeksi oleh nyamuk pembawa malaria.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1213 seconds (0.1#10.140)