10 Kastil Unik di Dunia, Nomor 8 Dikaitkan dengan Alien

Minggu, 06 Agustus 2023 - 19:21 WIB
loading...
10 Kastil Unik di Dunia, Nomor 8 Dikaitkan dengan Alien
Kastil Kelburn dikenal sebagai istana khas Skotlandia yang dihiasai berbagai grafiti dan mural bertema kartun. Foto/Ist
A A A
LONDON - Apakah sebuah prestasi arsitektur yang fantastis atau hanya kebodohan yang mewah, kastil-kastil yang aneh ini jauh dari biasa?

Berkat sejarahnya yang panjang dan beragam, kastil cenderung memiliki banyak karakter. Ada kastil-kastil seram dengan masa lalu kelam yang konon berhantu dan istana-istana Eropa bergaya dongeng yang menginspirasi film-film Disney. Tapi ada juga beberapa kastil di seluruh dunia yang sedikit asing.

Berikut adalah 10 kastil yang menghebohkan dunia, baik karena desainnya yang unik atau karena dibangun di tempat yang tidak biasa.

1. Kastil Predjama (Predjama, Slovenia)

10 Kastil Unik di Dunia, Nomor 8 Dikaitkan dengan Alien

Foto/Ist

Dalam prestasi arsitektur yang luar biasa, Kastil Predjama dibangun langsung ke mulut gua yang terletak di tengah tebing setinggi lebih dari 400 kaki (123 meter). Meskipun situs tersebut berasal dari setidaknya abad ke-13, bangunan saat ini dibangun kembali pada abad ke-16. Kastil yang mengesankan memegang Rekor Dunia Guinness untuk kastil gua terbesar di dunia.

Posisi Kastil Predjama yang sangat dapat dipertahankan dan sistem gua berguna bagi kesatria Erasmus von Lueg ketika Kaisar Habsburg Frederick III mengepung kastil pada pertengahan 1480-an. Erasmus menggunakan jaringan terowongan gua rahasia untuk membawa perbekalan ke kastil. Namun, dia tidak selamat dari seluruh serangan; legenda mengatakan dia terbunuh ketika bola meriam menghantamnya saat dia menggunakan toilet. Gua ini hanya dibuka untuk pengunjung pada bulan-bulan musim panas untuk memastikan koloni kelelawar yang tinggal di sana tidak terganggu saat berhibernasi.


2. Burj Al Babas (Mudurnu, Turki)

10 Kastil Unik di Dunia, Nomor 8 Dikaitkan dengan Alien

Burj Al Babas bukan hanya satu kastil: Ini adalah pengembangan perumahan mewah di mana propertinya dirancang agar terlihat seperti kastil mini. Tapi jauh dari mimpi Disney, Burj Al Babas duduk sebagai kota hantu yang menakutkan setelah pengembang proyek menyatakan bangkrut pada 2019 dan meninggalkan situs tersebut.

Pada saat itu, 587 dari 732 kastil tiga lantai telah dibangun—lengkap dengan menara dongeng dan balkon berornamen—sebelum pembangunan dihentikan. Sayangnya, 350 di antaranya telah terjual, dengan harga antara USD370.000 dan USD530.000.

3. Kastil Kelburn (Largs, Skotlandia)

10 Kastil Unik di Dunia, Nomor 8 Dikaitkan dengan Alien

Foto/Ist

Jika dilihat dari beberapa sisi, Kastil Kelburn terlihat seperti kastil khas Skotlandia. Namun di sisi selatan bangunan, menara batu, dinding, dan turret ditutupi dengan grafiti bergaya kartun yang cerah. Grafiti kastil bukanlah karya pengacau, tetapi karya empat seniman Brasil—Nina Pandolfo, Nunca, dan si kembar Os Gêmeos—yang diundang untuk menghiasi dinding.

Ketika pemilik kastil, Earl of Glasgow, mengetahui pada tahun 2007 bahwa ia harus mengganti fasad semen eksterior kastil, anak-anaknya memintanya untuk mengecat dinding terlebih dahulu dengan karya seni yang menyenangkan. Grafiti, yang membutuhkan 1500 kaleng cat semprot untuk membuatnya, seharusnya bertahan hanya untuk beberapa tahun; itu terbukti sangat populer dan bertahan hingga hari ini.

4. Reruntuhan Kastil Ha Ha Tonka (Camdenton, Missouri)

10 Kastil Unik di Dunia, Nomor 8 Dikaitkan dengan Alien

Foto/Ist

Taman Negara Bagian Ha Ha Tonka menampilkan keindahan alam yang diharapkan dari taman negara bagian Amerika mana pun, tetapi juga mencakup reruntuhan kastil yang tak terduga.

Pada tahun 1905, pengusaha Robert Snyder mempekerjakan tukang batu Skotlandia untuk membangun sebuah kastil yang menghadap ke Danau Ozarks. Snyder meninggal dalam kecelakaan mobil hanya satu tahun kemudian. Putranya akhirnya mengambil alih proyek tersebut dan menyelesaikan kastil pada tahun 1920; mereka kemudian mengubahnya menjadi hotel pada tahun 1935.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1191 seconds (0.1#10.140)