Joe Biden Serukan Junta Niger Bebaskan Presiden Bazoum

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 01:29 WIB
loading...
Joe Biden Serukan Junta Niger Bebaskan Presiden Bazoum
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyerukan kepada junta Niger agar segera membebaskan presiden Mohamed Bazoum dan memulihkan demokrasi. Foto/Politico
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyerukan kepada junta Niger agar segera membebaskan presiden Mohamed Bazoum dan memulihkan demokrasi. Ini adalah pernyataan pertama presiden AS sejak Bazoum digulingkan daru kekuasaan oleh pasukan pengawal presiden pekan lalu.

“Saya menyerukan agar Presiden Bazoum dan keluarganya segera dibebaskan, dan untuk mempertahankan demokrasi yang diperoleh dengan susah payah di Niger,” kata presiden AS dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis, bertepatan dengan peringatan ke-63 kemerdekaan Niger.

“Pada saat kritis ini, Amerika Serikat mendukung rakyat Niger untuk menghormati kemitraan kami selama puluhan tahun yang berakar pada nilai-nilai demokrasi bersama dan dukungan untuk pemerintahan yang dipimpin sipil,” imbuhnya seperti dikutip dari The Guardian, Jumat (4/8/2023).

Niger telah menjadi sekutu utama Barat di wilayah Sahel dalam perang melawan kelompok teroris regional, dan telah menjadi tuan rumah pasukan Prancis, AS, dan lainnya. Rusia telah berusaha untuk mengeksploitasi serentetan kudeta baru-baru ini di Sahel.

Pejabat Barat khawatir jika misi militer meninggalkan Niger, itu akan menciptakan kekosongan yang akan diisi oleh Rusia dan kelompok tentara bayaran Wagner. Kremlin sudah memiliki kehadiran yang signifikan di Mali, Republik Afrika Tengah, dan Sudan saat mendekati Burkina Faso.



Dengan tersingkirnya Bazoum, misi-misi itu – khususnya Prancis – dipandang berada di bawah ancaman karena para pemimpin kudeta telah mengobarkan sentimen anti-asing yang terkadang meluas menjadi demonstrasi kekerasan.

“Rakyat Niger memiliki hak untuk memilih pemimpin mereka. Mereka telah menyatakan keinginan mereka melalui pemilihan yang bebas dan adil – dan itu harus dihormati,” ucap Biden.

Sementara itu dikutip dari VOA, pada hari Rabu, AS mengatakan telah memerintahkan personel pemerintah AS non-darurat dan anggota keluarga yang memenuhi syarat untuk meninggalkan Kedutaan Besar AS di Niamey. AS juga menaikkan peringatan perjalanannya ke Level 4 – Jangan Bepergian – untuk Niger.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan Menteri Luar Negeri Antony Blinken telah berbicara dengan Bazoum untuk membahas situasi di Niger.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1858 seconds (0.1#10.140)