AS Restui Israel Jual Sistem Rudal Canggih David's Sling ke Finlandia

Kamis, 03 Agustus 2023 - 10:25 WIB
loading...
AS Restui Israel Jual Sistem Rudal Canggih Davids Sling ke Finlandia
Amerika Serikat setujui penjualan sistem rudal canggih Davids Sling Israel ke Finlandia. Foto/EDR Online
A A A
TEL AVIV - Israel telah mendapat persetujuan Amerika Serikat (AS) untuk menjual sistem pertahanan rudal jarak menengah David's Sling seharga €316 juta (lebih dari Rp5,2 triliun) ke Finlandia.

Finlandia, negara yang baru bergabung dengan NATO, sedang gencar memperkuat diri setelah Rusia menginvasi Ukraina.

Sistem rudal canggih David's Sling menjadi salah satu senjata pertahanan incaran negara Nordik tersebut.

Kementerian Pertahanan Israel mengatakan penjualan senjata pertahanan ini akan menjadi keputusan bersejarah. Pihaknya dan produsen senjata Rafael akan segera mengadakan upacara penandatanganan kesepakatan.



Dalam sebuah pernyataan yang dilansir Jerusalem Post, Kamis (3/8/2023), kementerian itu mengatakan bahwa Departemen Luar Negeri AS baru-baru ini memberi tahu Menteri Pertahanan Yoav Gallant, Direktur Jenderal Eyal Zamir, dan Direktur Divisi DDR&D (MAFAT) Danny Gold, tentang persetujuan tersebut.

Negosiasi untuk persetujuan dipimpin oleh direktur Organisasi Pertahanan Rudal Israel DDR&D, Moshe Patel.

Persetujuan AS diperlukan karena organisasi pertahanan misilnya dan perusahaan pertahanan Raytheon Amerika adalah mitra bersama dalam mengembangkan David's Sling.

Semua pihak tersebut akan bekerja untuk menyediakan Finlandia dengan sistem pertahanan rudal, sambil melibatkan komunitas pertahanan lokal Finlandia dalam aspek penyesuaian sistem.

"Kesepakatan ini adalah langkah yang sangat substansial untuk mewujudkan kesepakatan bersejarah antara Israel dan Finlandia," kata Gallant.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1529 seconds (0.1#10.140)