Jadi Negara Paling Bahagia, Ini yang Diterapkan Negara Finlandia

Kamis, 03 Agustus 2023 - 05:37 WIB
loading...
Jadi Negara Paling Bahagia, Ini yang Diterapkan Negara Finlandia
Finlandia terpilih sebagai negara paling bahagia selama 6 tahun berturut-turut. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Finlandia untuk enam kali berturut-turut terpilih sebagai negara paling bahagia di dunia menurut Laporan Kebahagiaan Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa 2023.

Laporan Kebahagiaan Dunia dibuat oleh Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan dan didasarkan pada data dari Jajak Pendapat Dunia Gallup. Survei itu menyelidiki keadaan kebahagiaan hari ini dan mengungkapkan variasi dalam kebahagiaan di tingkat pribadi dan sosial.

Dalam survei, peserta diminta untuk memberi peringkat jawaban mereka dalam skala dari nol hingga 10, dengan nol sebagai yang terburuk dan 10 sebagai yang terbaik. Setiap negara diberi peringkat berdasarkan penilaian hidup rata-rata mereka selama rentang tiga tahun, dari 2020 hingga 2022.

Hasilnya Finlandia, Denmark, Islandia, Swedia, dan Norwegia mendapat peringkat tinggi dalam laporan mengenai enam elemen: harapan hidup, kedermawanan, dukungan sosial, kebebasan, dan korupsi.

Munculnya Finlandia sebagai nomor satu dalam peringkat negara paling bahagia dalam enam tahun berturut-turut tentu menjadi pertanyaan mengingat negara itu bukan negara terkaya atau dikenal karena cuacanya yang cerah dan ceria.

Jadi, apa yang membuat wilayah Nordik ini menjadi negara paling bahagia di dunia dan bagaimana kita semua bisa menjadi seperti mereka?

Kalau kita lihat hasilnya, ini yang diterapkan Finlandia agar menjadi negara yang paling bahagia

1. Memiliki penghilang stres


Finlandia memiliki budaya sauna yang kuat — aktivitas yang bermanfaat bagi kesehatan jantung, meningkatkan suasana hati, dan kesehatan secara keseluruhan. Dengan lebih dari tiga juta sauna di Finlandia, ada pilihan ruang pribadi atau publik untuk berkeringat. Banyak orang Finlandia memiliki sauna di rumah mereka.

Biasanya dipanaskan antara 70 hingga 100 derajat Celcius, Finlandia menggunakan dry heat dengan kelembapan antara 10% hingga 20%. Membuang air ke bebatuan atau batu meningkatkan kelembapan dan membuat Anda berkeringat. Setelah mengunjungi sauna, beberapa orang akan melompat ke danau yang dingin atau berguling-guling di salju. Lainnya hanya melompat di kamar mandi.

2. Menghargai alam


Survei tahun 2021 yang diterbitkan di Sitra mengatakan bahwa 87% orang Finlandia selaras dengan alam dan memprioritaskannya. Mereka memanfaatkan alam untuk terhubung dengan kondisi mental mereka, menggunakannya sebagai waktu untuk mengatur ulang dan menjadi damai. Dalam survei, 62% orang Finlandia mengatakan alam memberi mereka energi untuk berada di alam, dan 56% mengatakan alam membantu mereka memulihkan diri.

Di negara yang dipenuhi danau dan hutan luas — dan 40 taman nasional — masuk akal jika hubungan mereka dengan alam kuat.

3. Keseimbangan kehidupan kerja


Orang Finlandia bisa menikmati alam karena mereka juga mendapat waktu liburan lebih banyak — kira-kira empat minggu saat libur musim panas.

Selain itu, di bulan-bulan musim panas, matahari tidak terbenam yang berarti orang Finlandia dapat menyerap semua sinar matahari itu 24/7.

4. Hubungan masyarakat yang baik


Meskipun meninggalkan komunitas mereka sesekali menyenangkan, orang Finlandia sangat memercayai dan mengagumi komunitas mereka. Pada tahun 2016, Biro Riset Ekonomi Nasional menemukan bahwa warga negara yang mempercayai negaranya lebih bahagia.

Pada tahun 2022, sebuah eksperimen "dompet hilang", mengamati kejujuran warga ketika seseorang menjatuhkan dompet di sekitar 16 kota berbeda di seluruh dunia. Di ibu kota Finlandia, Helsinki, 11 dari 12 dompet dikembalikan ke pemiliknya. Memiliki kepercayaan pada siapa yang ada di sekitar Anda dapat meningkatkan suasana hati dan penghargaan menyeluruh terhadap kehidupan.

5. Kurangnya polusi


WHO merilis data yang mengumumkan bahwa Finlandia memiliki udara terbersih di dunia dengan partikel udara terendah.

Dengan populasi 5,5 juta dan semua limbah industri berada jauh, orang tidak menghirup asap beracun - yang menurut studi JAMA 2023 dapat menyebabkan depresi - dan tidak banyak orang yang menciptakan polusi sejak awal.

6. A Finnish concept atau Konsep Finlandia


"Sisu," sebuah istilah unik di Finlandia, tidak dapat diterjemahkan secara tepat ke dalam bahasa Inggris, tetapi memiliki arti kemauan, ketekunan, dan pemikiran logis.

Pola pikir ini sudah mendarah daging di Finlandia dan mungkin itulah yang akan terus membuat mereka terus meraih kemenangan berturut-turut untuk Negara Paling Bahagia di Dunia dari tahun ke tahun.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1214 seconds (0.1#10.140)