Negara-negara dengan Bendera Merah-Putih-Biru, Salah Satunya Sedang Perang

Rabu, 02 Agustus 2023 - 14:13 WIB
loading...
A A A
Warna-warna pada bendera Kuba memiliki makna simbolis. Biru melambangkan lautan yang mengelilingi pulau Kuba. Putih melambangkan murni dan kebebasan. Merah melambangkan perjuangan dan keberanian.

Bendera ini telah digunakan oleh Kuba sejak 20 Mei 1902 setelah kemerdekaannya dari Spanyol.

6. Luksemburg


Bendera nasional Luksemburg terdiri dari tiga pita horizontal dengan warna merah, putih, dan biru.

Pita merah berada di bagian atas, diikuti oleh pita putih di tengah, dan pita biru di bagian bawah. Bendera ini memiliki perbandingan lebar terhadap panjang 3:5.

Warna merah dan biru berasal dari lambang wangsa Nassau, yang merupakan wangsa keluarga berkuasa di Luksemburg. Sementara itu, warna putih berasal dari lambang wangsa Bourbon-Parma, yang juga memiliki kaitan dengan sejarah Luksemburg.

Bendera Luksemburg secara resmi diadopsi pada tanggal 23 Juni 1972. Sejak saat itu, bendera ini telah menjadi simbol nasional dan kedaulatan Luksemburg.

7. Belanda


Bendera nasional Belanda memiliki warna merah-putih-biru (dari atas ke bawah).

Bendera ini sering dikaitkan dengan sejarah Kerajaan Belanda dan dianggap sebagai salah satu bendera nasional tertua di dunia, yakni digunakan sejak 1572.

8. Chile


Bendera nasional Chile terdiri dari dua garis horizontal. Bagian atas berupa paduan warna putih dengan biru (bermuatan bintang putih di tengah).

Bagian bawah adalah merah memanjang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1282 seconds (0.1#10.140)