IRGC Iran Bersumpah Ungkap Rahasia Kemampuan Sistem Strategis Baru Segera

Rabu, 02 Agustus 2023 - 05:01 WIB
loading...
IRGC Iran Bersumpah Ungkap Rahasia Kemampuan Sistem Strategis Baru Segera
Rudal balistik Khorramshahr generasi ke-4 permukaan-ke-permukaan baru yang disebut Khaibar dengan jangkauan 2.000 km diluncurkan di lokasi yang dirahasiakan di Iran, pada 25 Mei 2023. Foto/Kementerian Pertahanan Iran/WANA/REUTERS
A A A
TEHERAN - Iran akan memperkenalkan kemampuan maritim strategis baru dalam waktu dekat, menurut juru bicara Korp Garda Revolusi Islam (IRGC) Ramezan Sharif.

“Di bidang pertahanan maritim, sistem dan kemampuan strategis baru IRGC akan segera diluncurkan di area misi pasukan di hadapan Panglima IRG Hossein Salami,” ujar Sharif, berbicara kepada media lokal.

Juru bicara itu tidak merinci sifat dari "sistem strategis" ini, dan apakah itu terdiri dari rudal, kapal air, atau beberapa senjata atau peralatan pendukung lainnya.

“Dengan rahmat Tuhan, tahun ini adalah titik balik dalam reorganisasi pertahanan dan daya tangkal IRGC,” papar dia.

Angkatan Laut IRGC ditugaskan melindungi pulau-pulau Teluk Persia Iran dan garis pantai Teluk yang panjang menggunakan prinsip perang asimetris, dan dilengkapi dengan berbagai kapal permukaan kecil, ribuan rudal dan speedboat bersenjata senapan mesin, ditambah bermacam-macam baterai rudal pertahanan pantai.

Komandan dan perwira IRGC dari Angkatan Darat dan Angkatan Laut reguler Iran telah mengeluarkan serangkaian peringatan ke Washington dalam beberapa pekan terakhir di tengah pengerahan angkatan laut dan udara AS termasuk kelompok penyerang amfibi, di dekat pantainya, seolah-olah untuk memerangi penyitaan kapal oleh Iran.

Republik Islam Iran memiliki salah satu sektor pertahanan paling komprehensif dan luas di Timur Tengah.



Teheran telah mengembangkan dan memproduksi rudal, drone, peralatan radar, dan elektronik pertahanan kelas dunia, di antara peralatan lainnya.

Militer dan IRGC juga diketahui memanfaatkan geografi alam negara itu untuk menyembunyikan pangkalan rudal dan peralatan lainnya di dalam pangkalan pegunungan bawah tanah yang luas, atau di antara penghalang geografis alami lainnya untuk mempersulit deteksi dan penghancurannya bagi musuh.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1178 seconds (0.1#10.140)