Lama Berseteru, Hamas-Fatah Beri Sinyal Rekonsiliasi

Senin, 31 Juli 2023 - 08:02 WIB
loading...
A A A
Hamas memenangkan pemilihan legislatif terakhir Palestina pada tahun 2006, tetapi menjadi penguasa de facto di Jalur Gaza setahun kemudian setelah merebut kendali dari Fatah, yang telah mencoba kudeta pendahuluan untuk menggantikan pemerintah yang dipimpin Hamas. Pertempuran sengit terjadi selama beberapa minggu, mengakibatkan Hamas berkuasa atas daerah kantong pantai sementara Fatah – partai dominan di Otoritas Palestina – menjalankan pemerintahan sendiri secara terbatas di Tepi Barat yang diduduki.

Haniyeh juga menyerukan restrukturisasi Organisasi Pembebasan Palestina, lembaga payung yang mempromosikan negara Palestina. PLO mencakup sebagian besar faksi politik Palestina, tetapi bukan Hamas atau Jihad Islam.

Terkait hal itu, Abbas mengatakan PLO adalah satu-satunya perwakilan sah rakyat Palestina.

“Tidak diperbolehkan bagi warga Palestina mana pun untuk meragukan organisasi ini dan program nasional dan politiknya,” kata Abbas.

“Sebaliknya, perlu untuk melindunginya dengan suara bulat, karena itu dianggap sebagai salah satu keuntungan terpenting rakyat kita,” imbuhnya.

Dia juga menyerukan perlawanan rakyat yang damai, sementara Haniyeh menggembar-gemborkan perlawanan menyeluruh.

Terakhir kali kedua pemimpin bertemu secara resmi adalah Juli lalu di Aljazair, setelah jeda lima tahun.

Ilmuwan politik Palestina Moukhaimer Abu Saada mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa pembentukan komite itu bukanlah alasan untuk dirayakan.



“Cara terbaik untuk membunuh sesuatu adalah dengan membentuk komite untuk itu,” katanya, berbicara dari Gaza.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1348 seconds (0.1#10.140)