10 Negara dengan Populasi Muslim Terbesar di Dunia, Indonesia Tetap Nomor 1

Sabtu, 29 Juli 2023 - 21:19 WIB
loading...
10 Negara dengan Populasi Muslim Terbesar di Dunia, Indonesia Tetap Nomor 1
Pakistan merupakan salah satu negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Islam merupakan agama terbesar kedua di dunia setelah Kristen, dengan lebih dari 1,8 miliar orang mempraktikkan agama tersebut. Itu merupakan hampir 24% dari populasi global.

Melansir Monkey Insider, dinamika keagamaan berubah dengan cepat di sekitar kita karena tingkat kesuburan, populasi pemuda di antara berbagai komunitas agama, dan perpindahan agama.

Menurut PEW Research Center, Islam adalah agama dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Pada tahun 2050, bagian Muslim dalam populasi dunia akan mendekati Kristen, 10% Eropa akan terdiri dari Muslim, dan India akan mempertahankan mayoritas Hindu, tetapi akan India memiliki populasi Muslim terbesar di dunia.

Organisasi Kerjasama Islam (OKI) adalah organisasi antar pemerintah terbesar kedua di dunia dengan 57 negara anggota. 48 di antaranya adalah negara mayoritas Muslim, sedangkan sisanya adalah rumah bagi minoritas Muslim yang cukup besar.

Salaam Gateway, platform pelacakan ekonomi terkemuka dunia Islam, melaporkan pada 2017 bahwa ekonomi negara-negara OKI menyumbang 8,51% dari PDB dunia. Indonesia adalah ekonomi terbesar di dunia Muslim, memiliki PDB nominal USD1,31 triliun. Ini diproyeksikan menjadi ekonomi terbesar keempat di dunia pada tahun 2050.

Porsi kontribusi dunia Muslim terhadap ekonomi global tidak sebanding dengan ukuran populasi mereka, tetapi dunia Islam menawarkan potensi yang sangat besar dengan kekayaan sumber daya alam. Sejumlah negara kaya minyak tersebut berada di Timur Tengah dan Afrika. Salah satunya adalah Arab Saudi, yang merupakan salah satu pengekspor minyak terbesar di dunia, dan anggota pendiri OPEC.

Berikut adalah 10 negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia.

1. Indonesia

10 Negara dengan Populasi Muslim Terbesar di Dunia, Indonesia Tetap Nomor 1

Foto/Reuters

Populasi Muslim: 229 juta

Persentase: 87,2%

Indonesia merupakan negara Muslim terbesar di dunia dalam hal populasi, dengan perkiraan 229 juta pengikut Islam – terhitung 87,2% dari populasi negara. Ini juga merupakan negara Islam paling kuat di dunia.

2.Pakistan

10 Negara dengan Populasi Muslim Terbesar di Dunia, Indonesia Tetap Nomor 1

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)