Terbukti Tidak Bersalah Setelah Dipenjara 17 Tahun, Pria Ini Harus Bayar Biaya Penjara

Jum'at, 28 Juli 2023 - 22:01 WIB
loading...
Terbukti Tidak Bersalah Setelah Dipenjara 17 Tahun, Pria Ini Harus Bayar Biaya Penjara
Terbukti tidak bersalah setelah dipenjara 17 tahun, Andrew Malkinson kemungkinan harus membayar biaya penjara. Foto/Sky News
A A A
LONDON - Seorang pria asal Inggris yang menghabiskan 17 tahun dipenjara atas kejahatan yang tidak pernah dilakukannya mungkin harus membayar biaya mendekam di penjara jika ia menerima kompensasi.

Andrew Malkinson, dijatuhi hukuman penjara pada tahun 2004 setelah dinyatakan bersalah atas serangan brutal terhadap seorang wanita berusia 33 tahun di Greater Manchester, Inggris pada tahun 2003.

Tetapi Pengadilan Banding membatalkan hukumannya pada hari Rabu lalu setelah bukti DNA menghubungkan tersangka lain dengan serangan itu.



Pria berusia 57 tahun yang selalu menyatakan bahwa dia tidak bersalah setelah vonisnya berbicara tentang penolakannya atas kemungkinan harus membayar biaya penjara.

“Hasilnya adalah bahwa bahkan jika Anda berjuang mati-matian dan mendapatkan kompensasi, Anda kemudian harus membayar layanan penjara sebagian besar dari apa yang disebut 'pemondokan dan penginapan', yang sangat menjijikkan bagi saya. Saya muak karenanya,” katanya kepada BBC seperti dikutip dari Al Arabiya, Jumat (28/7/2023).

Menurut BBC, aturan yang berkaitan dengan pembayaran layanan penjara berasal dari keputusan yang dibuat pada tahun 2007 oleh House of Lords, ketika itu adalah pengadilan tertinggi Inggris.

Sky News melaporkan pada hari Kamis bahwa Malkinson belum dapat mengklaim kompensasi karena dia belum menerima pernyataan tidak bersalah dari Pengadilan Banding.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1986 seconds (0.1#10.140)