Kebakaran Hutan Landa 9 Negara Mediterania, Puluhan Tewas di Aljazair

Rabu, 26 Juli 2023 - 23:13 WIB
loading...
Kebakaran Hutan Landa 9 Negara Mediterania, Puluhan Tewas di Aljazair
Kebakaran hutan landa 9 negara Mediterania dengan puluhan orang tewas di Aljazair. Foto/Sky News
A A A
ATHENA - Setidaknya sembilan negara di Mediterania dilanda kebakaran hutan , ketika ribuan petugas pemadam kebakaran berjuang untuk memadamkan api di seluruh wilayah tersebut.

Sebanyak 34 orang tewas di Aljazair, sementara di pulau Sisilia selatan Italia tiga orang tewas.

Suhu yang mencapai 40 derajat Celcius dan tanah kering telah memicu kebakaran di negara-negara di kedua sisi Mediterania.

Yunani menjadi negara yang sangat terpukul, dengan lebih dari 20.000 orang dievakuasi dalam beberapa hari terakhir dari rumah dan resor di selatan pulau liburan Rhodes, sementara Corfu juga dilanda kobaran api yang parah.

Dua pilot pemadam kebakaran tewas saat pesawat mereka menabrak lereng bukit di pulau Evia, sebelah timur Athena.



Beberapa orang telah ditangkap atau didenda di seluruh Yunani dalam beberapa hari terakhir karena secara tidak sengaja menyalakan api.

Layanan Pemantauan Atmosfer Copernicus (CAMS) Uni Eropa mengatakan kebakaran hutan di Yunani telah melepaskan rekor 1 megaton emisi karbon antara 1 dan 25 Juli. Jumlah ini hampir dua kali lipat dari rekor sebelumnya yang terjadi pada Juli 2007, dengan kepulan asap yang memperburuk kualitas udara di daerah yang searah angin.

Kebakaran hutan di pulau Sisilia selatan Italia telah menewaskan tiga orang lanjut usia, kata presiden regionalnya.

Di Kroasia, api datang dalam jarak 12 km dari kota abad pertengahan Dubrovnik pada Selasa malam, dengan media lokal melaporkan ranjau darat yang tersisa dari perang kemerdekaan tahun 1990-an telah diledakkan oleh api.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2145 seconds (0.1#10.140)