Profil Wang Yi, Diplomat Rubah Perak yang Kembali Menjabat Menlu China

Rabu, 26 Juli 2023 - 14:45 WIB
loading...
Profil Wang Yi, Diplomat Rubah Perak yang Kembali Menjabat Menlu China
Wang Yi (kanan) kembali menjabat sebagai Menteri Luar Negeri China menggantikan juniornya; Qin Gang, yang dipecat. Foto/Al Jazeera
A A A
JAKARTA - Wang Yi, diplomat kawakan rezim komunis, kembali ditunjuk sebagai Menteri Luar Negeri (Menlu) China. Dia menggantikan juniornya; Qin Gang, yang dipecat dari posisi tersebut.

Qin Gang telah menghilang dari pandangan publik sekitar satu bulan, yang menurut Kementerian Luar Negeri China karena “masalah kesehatan”. Keberadaan Qin belum diketahui hingga saat ini, memicu spekulasi liar di kalangan publik karena dia selama ini dikenal sebagai pejabat yang sangat dekat dengan Presiden Xi Jinping.



Profil Wang Yi


Wang Yi sebelumnya pernah menjabat Menlu China, yakni periode 2013-2022.

Wang Yi lahir di Beijing pada 19 Oktober 1953. Dia telah dikenal sebagai diplomat kawakan dan disegani di internal Partai Komunis China.

Diplomat ini merupakan lulusan Department of Asian and African Languages of Beijing Second Foreign Languages Institutes. Dia pernah belajar bahasa Jepang dan lulus pada 1982 dengan gelar sarjana.

Dia juga memiliki gelar Magister Ekonomi. Wang memulai kariernya pada 1969 dengan bekerja di Heilongjiang Production and Construction Corps.

Berbekal relasi dan kompetensi mumpuni yang dimiliki, kariernya terus melejit. Pada 1993, Wang menjadi Minister Counsellor di Kedutaan Besar China di Jepang.

Kariernya semakin moncer ketika ditunjuk menjadi Duta Besar (Dubes) China untuk Jepang pada 2004. Sekitar tiga tahun menjabat, dia beralih tugas sebagai Sekretaris Komite BPK dan Wakil Menlu China.

Pada tahun 2013, Wang diangkat menjadi Menlu China atas persetujuan Kongres Rakyat Nasional (NPC). Jabatan ini ditempatinya hingga 2022 lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1877 seconds (0.1#10.140)