Misteri Menlu China Qin Gang Dipecat tapi Tak Diketahui Keberadaannya

Rabu, 26 Juli 2023 - 10:18 WIB
loading...
Misteri Menlu China Qin Gang Dipecat tapi Tak Diketahui Keberadaannya
Qin Gang (kiri) dipecat dari jabatannya sebagai Menteri Luar Negeri China dan digantikan oleh Wang Yi. Foto/Al Jazeera
A A A
BEIJING - Menteri Luar Negeri (Menlu) China Qin Gang telah dipecat setelah terakhir kali terlihat di depan publik empat minggu lalu.

Media pemerintah mengatakan pada hari Selasa bahwa Qin, yang baru menjabat Menlu China tujuh bulan, digantikan oleh diplomat pendahulunya, Wang Yi.

Tidak ada alasan yang diberikan untuk pemecatan Qin Gang. Keberadaannya juga tidak diketahui.

Menghilangnya Qin Gang (57) secara misterius telah memicu spekulasi luas. Pejabat China sebelumnya mengatakan dia absen karena "alasan kesehatan".

Qin Gang selama ini dianggap sebagai pejabat yang sangat dekat dengan Presiden Xi Jinping.



Siapa Qin Gang?


Lahir di kota utara Tianjin pada tahun 1966, Qin belajar politik internasional di University of International Relations yang bergengsi China di Beijing dan memasuki layanan diplomatik. Dia bekerja di beberapa pekerjaan di Kementerian Luar Negeri serta di Kedutaan Besar China di Inggris.

Qin dua kali menjadi juru bicara Kementerian Luar Negeri, antara 2006 dan 2014, dan kepala petugas protokol antara 2014 hingga 2018, mengawasi banyak interaksi Presiden Xi Jinping dengan para pemimpin asing.

Jurnalis Katrina Yu dari Al Jazeera melaporkan kebangkitan Qin di Partai Komunis China (PKC) “cepat dan meroket”.

Qin, pada Desember 2022, menjadi salah satu pejabat termuda yang diangkat menjadi menteri luar negeri, setelah menjabat sebagai duta besar untuk Amerika Serikat selama dua tahun.

“Qin berhasil mencapai dalam beberapa tahun apa yang akan membutuhkan beberapa dekade pejabat lainnya,” kata Yu yang melaporkan dari Beijing.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2027 seconds (0.1#10.140)