Dibebaskan dari Penjara Rusia, Eks Marinir AS Ikut Perang Bela Ukraina

Rabu, 26 Juli 2023 - 09:03 WIB
loading...
Dibebaskan dari Penjara Rusia, Eks Marinir AS Ikut Perang Bela Ukraina
Trevor Reed, mantan personel Korps Marinir AS yang ikut perang membela Ukraina dan sekarang terluka. Dia dibebaskan dari penjara Rusia tahun lalu melalui pertukaran tahanan. Foto/REUTERS/Tatyana Makeyeva
A A A
KYIV - Seorang mantan personel Korps Marinir Amerika Serikat (AS), yang dibebaskan dari penjara Rusia dalam pertukaran tahanan tahun lalu, ikut perang membela Ukraina. Dia sekarang terluka.

Keterlibatan Trevor Reed dalam perang di Ukraina telah dikonfirmasi Departemen Luar Negeri AS.

Sumber pemerintah AS, berbicara kepada AP dengan syarat anonim, mengatakan Trevor Reed terluka dalam pertempuran di Ukraina beberapa minggu lalu.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Vedant Patel mengatakan Reed telah dibawa ke Jerman untuk perawatan medis.

"Saya ingin memperjelas sesuatu secara eksplisit. Reed tidak terlibat dalam kegiatan apa pun atas nama pemerintah AS," kata Patel dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Sky News, Rabu (26/7/2023).



"Dan seperti yang saya tunjukkan, kami telah sangat jelas memperingatkan warga Amerika, warga negara Amerika, untuk tidak melakukan perjalanan ke Ukraina, apalagi berpartisipasi dalam pertempuran," paparnya.

"Seperti yang Anda ketahui, kami tidak berada di tempat untuk memberikan bantuan untuk mengevakuasi warga negara AS dari Ukraina, termasuk orang Amerika yang mungkin memutuskan untuk pergi ke Ukraina untuk berpartisipasi dalam pertempuran," imbuh Patel.

Reed dibebaskan dari penjara Rusia dalam pertukaran tahanan tahun lalu sebagai ganti pilot Rusia, Konstantin Taroshenko, yang telah dipenjara di AS karena konspirasi perdagangan narkoba.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1212 seconds (0.1#10.140)