10 Negara Terbesar dalam Konsumsi Daging, AS dan China Bersaing Ketat

Sabtu, 22 Juli 2023 - 18:05 WIB
loading...
10 Negara Terbesar dalam Konsumsi Daging, AS dan China Bersaing Ketat
Konsumsi daging menjadi penentu kualitas suatu negara. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Pasar produk daging global diperkirakan akan mengalami pertumbuhan yang signifikan selama periode perkiraan 2022 hingga 2029. Pasar diproyeksikan berkembang pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 5,7% untuk mencapai nilai total USD1.345,9 miliar.

Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperkirakan produksi daging tahunan global sebesar 361 juta ton pada tahun 2022. Ini berarti konsumsi daging rata-rata per orang per hari sebesar 118,6 gram.

FAO memperkirakan peningkatan konsumsi daging global sebesar 14% pada tahun 2030. Mempertimbangkan proyeksi populasi global yang melampaui 9 miliar pada pertengahan abad ini, diperkirakan konsumsi daging global akan meningkat menjadi 570 juta ton pada tahun 2050.

Secara keseluruhan, konsumsi daging global terus meningkat selama beberapa dekade terakhir. Menurut Our World in Data, Hong Kong dan Saint Vincent dan Grenadines adalah negara-negara di mana konsumsi daging per kapita meningkat paling cepat.

Faktor-faktor seperti pertumbuhan penduduk, urbanisasi, dan peningkatan pendapatan di negara-negara berkembang telah berkontribusi terhadap tren ini. Semakin banyak orang yang keluar dari kemiskinan, mereka sering berusaha memasukkan lebih banyak daging ke dalam makanan mereka.



Melansir Monkey Insider, konsumsi daging bervariasi secara signifikan di berbagai wilayah di dunia. Spanyol, Italia, dan Prancis termasuk di antara konsumen daging terkemuka di Eropa. Negara maju cenderung memiliki konsumsi daging per kapita yang lebih tinggi dibandingkan dengan negara berkembang.

Berikut adalah 10 negara terbesar dalam konsumsi daging.

10. Inggris Raya

10 Negara Terbesar dalam Konsumsi Daging, AS dan China Bersaing Ketat

Foto/Reuters

Total Konsumsi Daging Tahunan: 5,37 juta ton

Populasi: 67.886.010

Konsumsi Daging Per Kapita Tahunan: 79,10 kg

Inggris Raya berada di posisi kesepuluh dengan konsumsi daging tertinggi. Hidangan adat di negara ini termasuk daging sapi panggang, bacon, dan sosis.

Minggu panggang, makanan yang menyajikan daging panggang (biasanya daging sapi, babi, atau domba), sayuran, dan puding Yorkshire, merupakan tradisi populer di banyak rumah tangga.


9.Vietnam

10 Negara Terbesar dalam Konsumsi Daging, AS dan China Bersaing Ketat

Foto/Reuters

Total Konsumsi Daging Tahunan: 5,90 juta ton

Populasi: 97.338.580

Konsumsi Daging Per Kapita Tahunan: 60,60 kg

Daging babi adalah salah satu daging yang paling banyak dikonsumsi di Vietnam. Ini digunakan dalam berbagai hidangan, termasuk perut babi yang direbus, tusuk sate babi panggang, dan babi panggang yang renyah.

8. India

10 Negara Terbesar dalam Konsumsi Daging, AS dan China Bersaing Ketat

Foto/Reuters

Total Konsumsi Daging Tahunan: 6,32 juta ton

Populasi: 1.380.004.390

Konsumsi Daging Per Kapita Tahunan: 4,58 kg

India memiliki konsumsi daging per kapita terendah di antara semua negara dalam daftar ini. India memiliki populasi vegetarian yang signifikan, dan vegetarisme berakar kuat dalam budaya negara tersebut. Banyak umat Hindu yang tidak mengkonsumsi daging, terutama daging sapi, karena kepercayaan agama.

7. Jerman

10 Negara Terbesar dalam Konsumsi Daging, AS dan China Bersaing Ketat

Foto/Reuters

Total Konsumsi Daging Tahunan: 6,60 juta ton

Populasi: 83.783.940

Konsumsi Daging Per Kapita Tahunan: 78,76 kg

Jerman terkenal dengan beragam pilihan sosisnya. Ada banyak varietas regional, termasuk bratwurst, currywurst (sosis dengan saus kari), weiĂźwurst (sosis putih Bavaria), dan bockwurst.

Sosis biasanya dinikmati dengan mustard, sauerkraut, dan roti. Daging babi adalah daging paling populer di Jerman, dan digunakan dalam berbagai hidangan tradisional.

6. Jepang

Total Konsumsi Daging Tahunan: 6,75 juta ton

Populasi: 126.476.460

Konsumsi Daging Per Kapita Tahunan: 53,42 kg

Jepang memiliki berbagai hidangan tradisional berbahan dasar daging. Nikujaga (rebusan daging sapi dan kentang), oden (berbagai macam bahan termasuk daging yang direbus), dan sukiyaki (hot pot dengan daging sapi, sayuran, dan tahu) adalah contoh hidangan tradisional berbahan dasar daging yang populer.

Daging babi juga digunakan dalam berbagai hidangan, seperti tonkatsu (potongan daging babi yang dilapisi tepung roti dan digoreng), yakitori (babi panggang yang ditusuk), dan shabu-shabu (hot pot dengan irisan tipis daging babi).

5. Meksiko

Total Konsumsi Daging Tahunan: 9,16 juta ton

Populasi: 128.932.750

Konsumsi Daging Per Kapita Tahunan: 71,05 kg

Daging sapi banyak dikonsumsi di Meksiko dan merupakan bahan umum dalam berbagai hidangan. Carne asada (daging sapi panggang), arrachera (steak rok yang diasinkan), dan bistec a la Mexicana (steak ala Meksiko) adalah hidangan daging sapi yang populer di negara ini.

4. Rusia

10 Negara Terbesar dalam Konsumsi Daging, AS dan China Bersaing Ketat

Foto/Reuters

Total Konsumsi Daging Tahunan: 11,22 juta ton

Populasi: 145.934.460

Konsumsi Daging Per Kapita Tahunan: 77,74 kg

Rusia memiliki hubungan yang mengakar dengan daging sebagai bagian dari kebiasaan kulinernya. Daging sapi dan babi adalah daging yang paling banyak dikonsumsi di Rusia. Mereka digunakan dalam berbagai hidangan seperti beef stroganoff (daging sapi tumis dalam saus krim), kotleti babi (irisan daging babi yang dilapisi tepung roti dan digoreng), dan shashlik (daging tusuk yang diasinkan dan dipanggang).

3. Brasil

Total Konsumsi Daging Tahunan: 21,08 juta ton

Populasi: 212.559.420

Konsumsi Daging Per Kapita Tahunan: 99,15 kg

Brasil adalah negara lain dalam daftar kami yang populer dengan tingkat konsumsi daging sapi yang tinggi. Churrasco, tradisi barbekyu Brasil, melibatkan memanggang berbagai potongan daging sapi di atas api terbuka. Picanha (topi sirloin atas), maminha (tri-tip), dan costela (iga sapi) adalah beberapa potongan favorit di negara ini.

2. Amerika Serikat

10 Negara Terbesar dalam Konsumsi Daging, AS dan China Bersaing Ketat

Foto/Reuters

Total Konsumsi Daging Tahunan: 42,57 juta ton

Populasi: 331.002.650

Konsumsi Daging Per Kapita Tahunan: 128,62 kg

AS memiliki budaya makanan cepat saji yang terkenal, di mana makanan berbahan dasar daging seperti hamburger, burger keju, ayam goreng, dan hot dog adalah pilihan populer. Rantai makanan cepat saji tersebar luas di negara ini dan menawarkan akses mudah ke makanan berbahan dasar daging. Konsumsi daging babi juga lazim di Amerika Serikat.

1. China

Total Konsumsi Daging Tahunan: 91,37 juta ton

Populasi: 1.471.286.870

Konsumsi Daging Per Kapita Tahunan: 62,10 kg

China adalah konsumen daging terbesar setiap tahun. Daging babi adalah makanan pokok dalam masakan Cina dan digunakan dalam berbagai macam hidangan, termasuk tumis, hidangan yang direbus, sup, dan pangsit. Hidangan babi yang populer termasuk babi asam manis, char siu (babi bakar), dan tahu mapo (tahu yang dimasak dengan daging babi cincang dengan saus pedas).
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1364 seconds (0.1#10.140)