Topan Talim Hantam China, Puluhan Ribu Orang Dievakuasi

Selasa, 18 Juli 2023 - 17:07 WIB
loading...
Topan Talim Hantam China, Puluhan Ribu Orang Dievakuasi
Topan Talim hantam China, tinggalkan pohon tumbang dan jalan yang tergenang air. Foto/Ilustrasi
A A A
BEIJING - Puluhan ribu orang dievakuasi saat topan Talim, badai tropis pertama yang mendarat di China , menghancurkan provinsi selatan negara itu.

Topan Talim menghantam kota Zhanjiang di provinsi Guangdong pada Senin malam sekitar pukul 22.20 waktu setempat, dengan angin di dekat pusatnya mencapai kecepatan tertinggi 136,8 km per jam, menurut biro cuaca Guangdong.

Administrasi geologi setempat mengatakan gelombang badai dan hujan deras menghantam garis pantai selatan dari Guangdong hingga provinsi Hainan, dengan hujan menyebabkan banjir dan genangan air di sebagian besar wilayah.

Menurut kantor berita negara Xinhua peringatan cuaca oranye, peringatan tertinggi kedua dalam sistem kode warna empat tingkat, dikeluarkan dan hampir 230.000 orang di Guangdong dievakuasi ke tempat aman pada pukul 17:00 waktu setempat pada hari Senin.

Video di situs media sosial China menunjukkan pohon tumbang menimpa kendaraan yang bergerak, jalan banjir, dan ikan paus terdampar di pantai saat orang-orang berjuang melawan angin kencang. Efek topan dirasakan lebih dari 1.000 km ke timur laut di kota Fuzhou di provinsi Fujian.



Pada hari Selasa (18/7/2023), menurut media pemerintah, petugas pemadam kebakaran menyelamatkan penumpang yang terjepit di dalam kendaraan oleh cabang pohon yang tumbang saat mereka membersihkan penghalang jalan dan membantu pengendara lain ke tempat yang aman.

Ratusan kereta api di Guangdong dan Hainan China selatan, termasuk kereta api berkecepatan tinggi antara Guangzhou dan Shenzhen, kota metropolis yang berdekatan dengan Hong Kong, juga ditangguhkan.

Selain China, pihak berwenang di Vietnam juga mengevakuasi sekitar 30.000 orang pada Senin dari daerah yang diperkirakan paling parah terkena dampak di provinsi Quang Ninh dan Hai Phong.

Badai itu diperkirakan akan semakin melemah dan menghilang saat bergerak ke arah barat laut menuju Vietnam utara pada Selasa malam, katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1683 seconds (0.1#10.140)