5 Faktor Pemicu New York City Akan Segera Tenggelam

Senin, 17 Juli 2023 - 23:27 WIB
loading...
5 Faktor Pemicu New York City Akan Segera Tenggelam
New York City akan segera tenggelam karena terlalu banyak gedung pencakar langit. Foto/Reuters
A A A
NEW YORK - New York City dalam proses menuju tenggelam. Itu mengancam masa depan kota yang berpenduduk sebanyak 8 juta jiwa tersebut.

Padahal, New York City merupakan salah satu ikonnya Amerika Serikat (AS). Di sanalah pusat keuangan dunia dan menjadi barometer dalam perkembangan peradaban di negara adidaya tersebut.

Jika tidak ada perubahan kebijakan yang segera, New York City akan tenggelam dalam hitungan tahun. Para pakar sudah memprediksinya. Ikon AS itu pun bisa sirna.

Berikut adalah 5 pemicu New York City akan segera tenggelam.


1. 1 Triliun Ton Beton dan Baja

5 Faktor Pemicu New York City Akan Segera Tenggelam

Foto/Reuters

Sebuah tim di University of Rhode Island memperkirakan berat total lebih dari 1 juta bangunan yang membentuk New York.

Mereka menemukan bahwa hampir 1 triliun kg beton, baja, dan kaca menekan tanah, menyebabkannya perlahan tenggelam ke permukaan laut.

Parahnya, New York City tidak ada undang-undang seputar pencegahan banjir – celah yang menurut para ahli perlu ditutup sesegera mungkin.

“Akan lebih baik melakukannya sekarang daripada hanya menunda semuanya. Namun dengan peringatan bahwa tidak semua bangunan dapat dibangun kembali sekarang,” kata Vrinda Mittal, seorang kandidat PhD di Columbia Business School, dilansir CNA.

Pengamat industri mengatakan mereka mengharapkan peraturan yang lebih ketat segera, karena New York mencari cara untuk melindungi cakrawala ikonisnya.

2. Kenaikan Permukaan Air Laut

5 Faktor Pemicu New York City Akan Segera Tenggelam

Foto/Reuters

Namun, para peneliti mengatakan pengembang tidak mengambil risiko naiknya air dengan cukup serius, dan ini bisa menimbulkan masalah bagi lebih dari 8 juta penduduk kota di masa depan.

Pada saat yang sama, permukaan laut meningkat akibat pemanasan global dan perubahan iklim.

NASA mengungkapkan, permukaan laut rata-rata global telah meningkat sekitar 10cm sejak tahun 1992.

Diproyeksikan akan terus meningkat antara 20 cm dan 75 cm dalam 25 tahun ke depan.

3. Tanah yang Gembur

5 Faktor Pemicu New York City Akan Segera Tenggelam

Foto/Reuters

Menurut penelitian, tingkat di mana Kota New York tenggelam bervariasi di seluruh kota.

Nantinya, Wall Street sepanjang delapan blok yang terkenal di jantung keuangan New York hanya berjarak 1 hingga 2 meter di atas permukaan laut.

Namun, Brooklyn dan Queens memiliki tanah yang lebih gembur, yang menyebabkan tenggelam lebih cepat.

Bagian dari Lower Manhattan diperluas secara artifisial dengan reklamasi tanah di dekat garis pantai, membuat tanah lebih rentan terhadap gaya gravitasi dari berat bangunan karena tidak sekompak lanskap alam.

Akibatnya, sebagian tanah di sana tenggelam dua kali lebih cepat, dengan kecepatan hingga 4 mm per tahun.

4. Mengabaikan Sains

5 Faktor Pemicu New York City Akan Segera Tenggelam

Foto/Reuters

Para peneliti mengatakan bahwa meskipun belum darurat, mereka ingin memberikan sains untuk membantu perencanaan masa depan.

“Di sinilah kebijakan berperan. Di sinilah kami memiliki tanggung jawab untuk mengintegrasikan data ini, sains ini, dengan sains lain dan sains iklim, dan membicarakan dampaknya,” kata Andrew Kruczkiewicz, peneliti senior di Sekolah Iklim Universitas Columbia, dilansir CNA.

Penduduk di kota itu, yang beberapa tahun terakhir dilanda banjir dahsyat, setuju.

“Terus terang, saya sedikit terkejut setelah Badai Sandy bahwa lebih banyak yang tidak dilakukan karena begitu banyak rumah yang hancur. Tempat-tempat seperti gedung apartemen di kota menderita,” kata seorang warga New York.

Pada tahun 2012, Badai Sandy menerjang Kota New York, menewaskan 44 orang, menghancurkan ribuan rumah dan infrastruktur, dan menimbulkan kerugian sekitar US$19 miliar.

“Ke depan, kita perlu mencari pembuat kebijakan untuk memikirkan perubahan iklim, ketahanan, dan mitigasi risiko,” kata warga lainnya.

Setiap bangunan tinggi tambahan di sepanjang air dapat berkontribusi pada risiko banjir di masa depan.

5. Hanya Berorientasi pada Uang

5 Faktor Pemicu New York City Akan Segera Tenggelam

Foto/Reuters

New York City dikenal dengan harga tanah dan properti termahal di Amerika Serikat. Tapi, itu akan kehilangan banyak hal karena naiknya air laut terus mengikis pantai.

"Ketika kita melihat ke seluruh negeri, kita berbicara tentang sejumlah besar uang yang pada dasarnya hilang karena naiknya air laut," kata wakil presiden komunikasi organisasi riset Climate Central Peter Girard.

“Di wilayah New York, saat kami memproyeksikan hingga 2050, jumlahnya mendekati USD1 miliar. Ini bukan nilai eceran tanah, tetapi nilai yang dihitung berdasarkan pajak. Nilai ini mendukung pajak properti dan semua layanan kota yang bergantung pada itu.”

Kota tersebut menempati urutan ketiga di dunia dalam hal nilai aset real estat yang terkena banjir pesisir, setelah Guangzhou dan Miami.

Ini bisa berarti kerugian besar bagi pemilik dan investor jika terjadi bencana alam.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa sekitar 90% bangunan yang berisiko rusak tidak memenuhi standar ketahanan banjir.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1100 seconds (0.1#10.140)