Masjid 300 Tahun Ini Dibuldoser demi Perluasan Jalan, Penduduk Marah

Senin, 17 Juli 2023 - 10:01 WIB
loading...
A A A
Kementerian sekarang akan berusaha untuk memulihkan dan melestarikan sisa-sisa bangunan dan merekonstruksi modelnya, mirip dengan apa yang dilakukan terhadap Masjid Al-Nuri di Mosul yang diledakkan oleh ISIS pada tahun 2017.

Gubernur Basra Asaad Al Eidani, yang mengawasi penghancuran secara langsung, membela tindakan tersebut, dengan mengatakan otoritas wakaf dan purbakala Muslim Sunni tidak membongkar dan merelokasi menara meskipun diberi waktu lebih dari satu tahun untuk melakukannya.

Dia mengatakan mereka baru-baru ini diberi tahu tentang kehancuran yang akan segera terjadi dan tidak memprotes, menambahkan dia berencana membangun masjid baru sebagai penggantinya.

Mohammed Munla, kepala wakaf Muslim Sunni Basra pada saat Reuters berbicara dengannya, mengatakan badan itu tidak setuju, pejabatnya juga tidak diberi tahu rencana untuk menghancurkan menara masjid, menambahkan bahwa pihaknya malah setuju dengan gubernur untuk menemukan perusahaan yang dapat memindahkannya.

Munla dibebaskan dari tugasnya tidak lama setelah berbicara dengan Reuters tetapi sebelum wawancara tersebut dipublikasikan.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0988 seconds (0.1#10.140)