Ukraina di Ambang Kekalahan? 20% Peralatan Tempur Hancur dalam 2 Pekan

Minggu, 16 Juli 2023 - 18:10 WIB
loading...
Ukraina di Ambang Kekalahan? 20% Peralatan Tempur Hancur dalam 2 Pekan
Militer Ukraina terus terdesak dan mengalami banyak kerugian dalam perang melawan Rusia. Foto/Reuters
A A A
KYIV - Militer Ukraina semakin merana. Banyak pihak menduga tentara Ukraina berada di ambang kekalahan yang dalam perang melawan Rusia.

Apa penyebabnya? New York Times melaporkan militer Ukraina kehilangan 20% dari peralatan yang dikirim ke medan perang selama dua minggu pertama serangan balasannya.

Tingkat pertempuran yang sangat intensif sebagai faktor kunci dalam keputusan Ukraina untuk menghentikan operasi.

Dimulai pada awal Juni, pasukan Ukraina melancarkan serangkaian serangan di sepanjang garis depan dari Kherson hingga Donetsk. Maju melalui ladang ranjau dan tanpa dukungan udara, militer Ukraina kehilangan 26.000 orang dan lebih dari 3.000 perangkat keras militer. Itu didasarkan pada data terbaru dari Kementerian Pertahanan Rusia.



Kerugian Ukraina mencapai yang tertinggi selama dua minggu awal serangan, New York Times mengutip pejabat Amerika dan Eropa yang tidak disebutkan namanya. Para pejabat ini mengatakan bahwa hingga 20% tank dan kendaraan lapis baja Ukraina dihancurkan dalam periode ini, termasuk banyak kendaraan yang disediakan Barat.

Untuk beberapa unit, peralatan Barat hilang pada tingkat yang lebih tinggi, lanjut Times, mengutip tokoh-tokoh dari organisasi pro-Ukraina. Brigade Mekanik ke-47 Ukraina – unit yang dilatih NATO – tampaknya kehilangan 30% dari 99 kendaraan Tempur Infanteri Bradley dalam dua minggu. Sedangkan Brigade Mekanik ke-33 kehilangan hampir sepertiga dari 32 tank Leopard buatan Jerman dalam satu minggu.

“Semuanya terbakar,” kata seorang tentara Ukraina yang menyaksikan setidaknya enam kendaraan Barat dihancurkan dalam satu serangan artileri Rusia. Tentara Ukraina lainnya mengatakan kepada Times bahwa Bradley di unitnya melindas ranjau anti-tank setiap hari. Sementara pasukan di dalam sering bertahan, kendaraan dibiarkan tidak bisa bergerak jauh sebelum mencapai garis Rusia.

Menurut Presiden Rusia Vladimir Putin, pasukan Rusia telah menghancurkan total 311 tank Ukraina sejak 4 Juni. “Setidaknya sepertiga dari mereka, saya percaya, adalah tank buatan Barat, termasuk Macan Tutul,” kata Putin kepada Russia 24 TV.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2024 seconds (0.1#10.140)