Presiden Iran Kecam Barat karena Tekan Negara Lain untuk Terima Tren LGBT

Jum'at, 14 Juli 2023 - 14:14 WIB
loading...
Presiden Iran Kecam Barat karena Tekan Negara Lain untuk Terima Tren LGBT
Presiden Iran Ebrahim Raisi (kiri), dalam kunjungannya ke Uganda, mengecam Barat karena menekan negara lain untuk menerima tren budaya LGBT. Foto/WANA via REUTERS
A A A
KAMPALA - Presiden Iran Ebrahim Raisi mengecam kelompok negara Barat yang menekan negara-negara lain untuk menerima tren budaya lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT).

Kecaman itu disampaikan saat dia mengunjungi Uganda baru-baru ini. Raisi mengatakan tren budaya LGBT merupakan tren buruk.

Uganda menjadi satu dari tiga negara Afrika yang masuk dalam agenda lawatannya ke luar negeri.

Raisi memuji sifat anti-kolonial Uganda, yang baru-baru ini mengesahkan undang-undang anti-LGBT—yang memberlakukan hukuman mati untuk praktik homoseksualitas yang diperparah—yang menuai kecaman dari Barat dan PBB.



“Negara-negara Barat menekan negara-negara merdeka dengan menyerang fondasi keluarga, mempromosikan fenomena buruk homoseksualitas, penyebaran ekstremisme dan terorisme, dan penggunaan hak asasi manusia (HAM) sebagai alat,” kata Raisi dalam pertemuannya dengan Presiden Uganda Yoweri Museveni, yang dilansir Russia Today, Jumat (14/7/2023).

“Saya percaya bahwa masalah ini, dan serangan kuat dari Barat terhadap pembentukan keluarga dan terhadap budaya bangsa, adalah bidang kerja sama lain untuk Iran dan Uganda,” ujarnya.

Sistem hukum Republik Islam Iran secara eksplisit melarang homoseksualitas, praktik yang dapat dihukum mati di bawah hukum
pidana negara.

Kunjungan Raisi ke Afrika adalah yang pertama oleh seorang presiden Iran dalam lebih dari satu dekade, karena negara itu berusaha untuk mendiversifikasi perdagangan dan kemitraan diplomatik di seluruh dunia dalam menghadapi sanksi ekonomi Amerika Serikat (AS).

Di Kampala pada hari Rabu, presiden Iran bersugesti bahwa kerja sama budaya antara Iran dan Uganda akan sangat efektif dalam menghadapi plot musuh bersama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1034 seconds (0.1#10.140)