Usai 3 Hari Dikerjai Jet Tempur Rusia, Drone AS Lenyapkan Pentolan ISIS

Senin, 10 Juli 2023 - 09:53 WIB
loading...
Usai 3 Hari Dikerjai Jet Tempur Rusia, Drone AS Lenyapkan Pentolan ISIS
Drone-drone MQ-9 Reaper Amerika Serikat telah membunuh pentolan ISIS di Suriah Osama al-Muhajir meski drone-drone itu diganggu jet tempur Rusia. Foto/US Air Force
A A A
DAMASKUS - Setelah tiga hari berturut-turut diganggu oleh jet tempur Rusia, drone MQ-9 Amerika Serikat (AS) melakukan serangan udara yang melenyapkan seorang pemimpin ISIS di Suriah timur pada 7 Juli.

Serangan itu diumumkan Komando Pusat (CENTCOM) dan Pusat Angkatan Udara AS pada Minggu, yang dilansir Air and Space Forces Magazine, Senin (10/7/2023).

Menurut CENTCOM, pemimpin ISIS di Suriah Osama al-Muhajir tewas dalam serangan drone MQ-9 Reaper. Komando itu mengeklaim tidak ada warga sipil yang tewas, dan sedang menilai apakah ada korban lain yang terluka.



Para pejabat militer AS mengatakan tiga drone MQ-9 yang melakukan serangan itu adalah yang mengalami gangguan dari jet tempur Rusia pada hari sebelumnya.

Jet tempur Rusia mengganggu drone-drone AS selama sekitar dua jam. Itu terjadi tiga hari berturut-turut di wilayah udara Suriah.

“Sebelumnya hari ini tiga drone MQ-9 sekali lagi diganggu oleh pesawat tempur Rusia saat terbang di atas Suriah,” kata Komandan Pusat Angkatan Udara Alexus G Grynkewich dalam sebuah pernyataan.

“Selama pertemuan hampir dua jam, pesawat Rusia menerbangkan 18 umpan jarak dekat yang tidak profesional yang menyebabkan MQ-9 bereaksi untuk menghindari situasi yang tidak aman," ujarnya.

Insiden 7 Juli adalah yang terbaru dari serangkaian manuver jet tempur Rusia yang dimaksudkan untuk mengganggu operasi AS di Suriah.

Pada tanggal 5 Juli, tiga drone MQ-9 Reaper AS dalam misi melawan target ISIS dicegat oleh jet tempur Rusia, yang menjatuhkan suar parasut dan menggunakan afterburner di depan drone AS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1030 seconds (0.1#10.140)