China Peringatkan Jepang dan Korsel: Jangan Mencoba Menjadi Seperti Orang Barat

Kamis, 06 Juli 2023 - 08:05 WIB
loading...
China Peringatkan Jepang dan Korsel: Jangan Mencoba Menjadi Seperti Orang Barat
Kepala Kebijakan Luar Negeri Partai Komunis China Wang Yi. Foto/REUTERS
A A A
QINGDAO - Kepala Kebijakan Luar Negeri Partai Komunis China Wang Yi meminta orang-orang Asia Timur tidak meniru orang Barat.

Seruan itu diungkapkan sambil mengajukan kasus untuk integrasi regional yang lebih baik pada forum tiga arah dengan Jepang dan Korea Selatan (Korsel).

“Ketika orang China, Jepang, atau Korea bepergian ke AS, orang Amerika bahkan tidak dapat membedakan kita,” klaim Wang Yi. “Jika kita pergi ke Eropa, situasinya pasti akan sama.”

Wang berargumen, “Orang-orang dari Timur Jauh tidak bisa menjadi orang Eropa atau Amerika, bahkan jika kita mewarnai rambut kita menjadi putih atau menjalani operasi untuk meluruskan hidung kita.”

Pernyataan itu terungkap dalam video dari acara tersebut, yang dibagikan oleh media China. “Kita harus tahu akar kita,” tegas dia.

Pembuat kebijakan senior mengatakan China harus menjalin kerja sama yang lebih erat dengan Jepang dan Korea Selatan yang keduanya memiliki pemerintah pro-Barat.



Dia beralasan, “Ini tidak hanya akan memenuhi tujuan dan aspirasi bersama rakyat kita, tetapi juga bermanfaat bagi kawasan dan dunia secara umum.”

Pernyataan tersebut difilmkan selama diskusi panel di Forum Internasional untuk Kerjasama Trilateral tahunan, yang berlangsung pada Senin (3/7/2023) di Qingdao, di Provinsi Shandong China.

Beberapa media Barat, seperti CNN, melaporkan di video tersebut dan menuduh diplomat tersebut membuat "komentar rasialis".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1334 seconds (0.1#10.140)