NATO Gagal Pilih Sekjen Baru, Masa Jabatan Jens Stoltenberg Diperpanjang

Selasa, 04 Juli 2023 - 21:44 WIB
loading...
NATO Gagal Pilih Sekjen Baru, Masa Jabatan Jens Stoltenberg Diperpanjang
Jens Stoltenberg telah diminta untuk memperpanjang masa jabatannya sebagai sekretaris jenderal NATO selama satu tahun lagi hingga Oktober 2024. Foto/Spiegel
A A A
BRUSSELS - Jens Stoltenberg telah diminta untuk memperpanjang masa jabatannya sebagai sekretaris jenderal NATO selama satu tahun lagi hingga Oktober 2024. Itu dilakukan setelah negara-negara anggota aliansi militer Barat itu gagal menyepakati penggantian sebelum pertemuan puncak minggu depan di Vilnius.

Ini adalah ketiga kalinya masa jabatan mantan perdana menteri Norwegia itu diperpanjang, meskipun awal tahun ini diperkirakan dia akhirnya akan mundur setelah lebih dari delapan tahun memimpin aliansi dari 31 negara itu.

Stoltenberg (64) men-tweet bahwa dia "merasa terhormat" oleh keputusan anggota NATO, dan mengatakan bahwa invasi Rusia ke Ukraina berarti bahwa "di dunia yang berbahaya, aliansi kami lebih penting dari sebelumnya," seperti dilansir dari The Guardian, Selasa (4/7/2023).

Namun pada bulan Maret, dalam sebuah wawancara dengan Guardian, Stoltenberg mengatakan dia siap untuk mundur dari pekerjaan yang pertama kali dia ambil pada Oktober 2014.



“Saya telah memperjelas bahwa masa jabatan saya berakhir musim gugur ini,” katanya dan memperkirakan bahwa negara-negara anggota tidak akan kesulitan menemukan penggantinya.

Kepala NATO dipilih melalui konsensus di antara anggota, dengan pekerjaan yang secara tradisional diperuntukkan bagi orang Eropa, sementara komandan militer utamanya, komandan sekutu tertinggi Eropa, adalah orang Amerika.

Beberapa anggota aliansi menginginkan seorang wanita untuk menggantikan Stoltenberg, dengan Joe Biden, presiden AS, tertarik pada satu titik untuk mendukung perdana menteri Denmark, Mette Frederiksen. Tapi Frederiksen membantah dia menginginkan pekerjaan itu setelah pertemuan dengan Biden di Gedung Putih bulan lalu.

Ada juga kekhawatiran di antara beberapa anggota aliansi bahwa Fredriksen akan menjadi pemimpin NATO ketiga berturut-turut dari negara Nordik setelah Stoltenberg dan orang Denmark lainnya, Anders Fogh Rasmussen. Denmark juga merupakan salah satu negara di NATO dengan anggaran militer yang lebih rendah, yaitu 1,38% dari PDB, jauh di bawah pedoman aliansi sebesar 2%.

Menteri Pertahanan Inggris yang telah lama menjabat, Ben Wallace, telah menyatakan dirinya sebagai kandidat. Ia berharap menjadi orang Inggris keempat yang menduduki posisi itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1364 seconds (0.1#10.140)