Al-Quran Dibakar, Sekjen NATO Sebut Bukan Kejahatan

Jum'at, 30 Juni 2023 - 14:13 WIB
loading...
Al-Quran Dibakar, Sekjen NATO Sebut Bukan Kejahatan
Sekjen NATO sebut pembakaran al-Quran di depan umum belum tentu sebuah kejahatan. Foto/India Today
A A A
BRUSSELS - Sekretaris Jenderal (Sekjen) NATO , Jens Stoltenberg, mengatakan bahwa membakar al-Quran di depan umum belum tentu merupakan kejahatan. Pernyataan itu dikeluarkannya menanggapi pertanyaan tentang insiden baru-baru ini di Swedia yang menyebabkan kemarahan di kalangan umat Islam.

Masalah ini sangat sensitif, mengingat negara mayoritas Muslim di Turki adalah salah satu dari dua negara anggota yang sejauh ini menolak meratifikasi tawaran Swedia untuk bergabung dengan blok militer pimpinan Amerika Serikat (AS) itu.

"Saya memahami emosi dan kedalaman perasaan yang disebabkan oleh hal ini," kata Stoltenberg kepada wartawan pada konferensi pers seperti dikutip dari RT, Jumat (30/6/2023).

Dia menambahkan bahwa pembakaran al-Quran menyinggung dan tidak menyenangkan tetapi tidak harus ilegal.

Stoltenberg juga membahas protes anti-NATO di Swedia yang berlangsung awal bulan ini.

"Saya tidak suka mereka. Tapi saya membela hak untuk tidak setuju. Ini bagian dari kebebasan berekspresi,” ujarnya.

“Yang penting bagi saya adalah kita harus membuat kemajuan dalam menyelesaikan aksesi Swedia ke dalam aliansi,” jelas kepala NATO itu.

“Saya berbicara dengan (Presiden Turki Recep Tayyip) Erdogan baru-baru ini dan kami sepakat untuk mengadakan pertemuan pejabat tingkat tinggi di sini di Brussel, Kamis, minggu depan,” ungkapnya.

Pada hari Rabu, seorang warga Irak yang tinggal di Swedia membakar salinan al-Quran di luar sebuah masjid di Stockholm di tengah perayaan Idul Adha, hari besar umat Islam.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1843 seconds (0.1#10.140)