Hujan Narkoba Landa Pedesaan Prancis saat Jet Tempur Cegat Pesawat Wisata

Kamis, 29 Juni 2023 - 20:42 WIB
loading...
Hujan Narkoba Landa Pedesaan Prancis saat Jet Tempur Cegat Pesawat Wisata
Sebuah pesawat wisata menjatuhkan banyak paket narkoba yang menghujani pedesaan di Prancis ketika dikejar dan dicegat jet tempur Rafale. Foto/REUTERS
A A A
PARIS - Sebuah jet tempur Prancis mencegat sebuah pesawat wisata di atas pedesaan terpencil di Prancis selama akhir pekan. Intersepsi tersebut memaksa pilot pesawat wisatamembuang lebih dari selusin tas berisi narkoba yang menghujani pedesaan.

Angkatan Udara Prancis mengirim salah satu jet tempur paling modern untuk memeriksa pesawat wisata satu tempat duduk di atas wilayah Ardeche yang terpencil pada Sabtu pekan lalu.

Itu dilakukan setelah pesawatterbang terbang melintasi wilayah udara terbatas di dekat pembangkit nuklir dan dinilai melakukan manuver mencurigakan.



"Ketika jet tempur Rafale semakin dekat, pilot Angkatan Udara menyaksikan perilaku yang sangat tidak menentu di kokpit (pesawat wisata), agitasi yang nyata," kata seorang juru bicara militer kepada AFP, Kamis (29/6/2023).

"Selama beberapa menit, dia melihat pintu terbuka dan paket-paket dilempar keluar."

Tersangka penyelundup narkoba, seorang warga negara Polandia—dengan pelanggaran narkoba di masa lalu—, ditangkap setelah dia mendarat di sebuah lapangan terbang di Lanas di wilayah Ardeche. Demikian disampaikan kantor kejaksaan setempat dalam sebuah pernyataan.

Penyelidik menemukan sekitar 15 paket di tanah, berisi sekitar 66 pon bubuk putih yang sedang dianalisis.

Mereka juga menemukan lebih dari 45.000 euro (USD49.000) di kokpit pesawat terdaftar Polandia, serta di tas pilot.

Insiden itu menyusul penemuan lebih dari dua ton kokain di pantai Prancis utara pada Maret. Bulan berikutnya, pasukan perbatasan Inggris menyita lebih dari satu ton kokain yang ditemukan mengambang di Selat Inggris.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1076 seconds (0.1#10.140)