Rentetan Kejadian Al-Qur'an Dibakar di Swedia dari Masa ke Masa

Kamis, 29 Juni 2023 - 20:19 WIB
loading...
Rentetan Kejadian Al-Quran Dibakar di Swedia dari Masa ke Masa
Kitab suci Al-Quran telah berkali-kali menjadi target pembakaran dalam demo anti-Islam di Swedia. Foto/REUTERS
A A A
STOCKHOLM - Salwan Momika, pria asal Irak tapi sudah jadi warga negara Swedia, membakar Al-Qur'an di depan Masjid Raya Södermalm, Stockholm. Aksinya dilakukan saat umat Islam merayakan Iduladha, Rabu (28/6/2023).

Aksi provokatif ini memicu kemarahan negara-negara Muslim, terutama dari dunia Arab. Pemerintah Indonesia juga menyampaikan protes keras atas aksi yang menyakiti perasaan umat Islam tersebut.

Pembakaran Al-Qur'an di Swedia bukan sekali ini saja. Berikut rentetan pembakaran Al-Qur'an di Swedia dari masa ke masa:



Agustus 2020


Al-Quran dibakar kelompok anti-Islam, Stram Kurs, pimpinan politisi Rasmus Paludan. Lokasi aksi provokatif ini terjadi di Malmo, Swedia.

September 2020


Al-Quran dibakar massa Stram Kurs di wilayah komunitas Muslim di Rinkeby, Stockholm. Aksi tersebut memicu kerusuhan hebat.


April 2021


Rasmus Paludan beraksi membakar Al-Qur'an di Kota Linkoping, Swedia.

Juni 2021


Al-Qur'an dibakar pria murtad asal Maroko. Dia melakukannya karena kesal permohonan suakanya ditolak otoritas terkait Swedia. Dia mengunggah aksinya di YouTube melalui akun "Skeptic Mohamed".


Januari 2023


Rasmus Paludan demo dengan membakar Al-Qur'an di luar Kedutaan Besar Turkiye di Stockholm, Swedia. Dia mengancam akan melakukan hal serupa setiap hari Jumat.


28 Juni 2023


Salwan Momika, pria asal Irak tapi sudah jadi warga negara Swedia, membakar Al-Qur'an di depan Masjid Raya Södermalm, Stockholm. Aksinya dilakukan saat umat Islam merayakan Iduladha.

Sekadar diketahui, demo dengan membakar kitab suci agama di Swedia memang diizinkan oleh konstitusi setempat atas nama kebebasan berbicara.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1421 seconds (0.1#10.140)