PBB: Tahanan Guantanamo Dapat Perlakuan Kejam, Tidak Manusiawi

Rabu, 28 Juni 2023 - 00:31 WIB
loading...
A A A
Aolain mengatakan bahwa ketika dia mengunjungi fasilitas tersebut, dia mendapat tanggapan yang tulus dari para tahanan, beberapa di antaranya tidak pernah bertemu dengan orang luar selama lebih dari 20 tahun.

Dia mengamati bahwa banyak tahanan menunjukkan bukti bahaya dan tekanan psikologis yang mendalam.

Laporan itu mengutuk pengawasan yang hampir konstan, ekstraksi sel paksa, penggunaan pengekangan yang tidak semestinya, dan prosedur operasi keluhan non-hak asasi manusia yang sewenang-wenang lainnya.

Aolain mengatakan bahwa fasilitas di Guantanamo tidak memadai untuk memenuhi masalah kesehatan mental dan fisik para tahanan yang kompleks dan mendesak dan menunjukkan kegagalan pemerintah AS untuk menyediakan program rehabilitasi penyiksaan.



Penyelidik PBB memuji pemerintahan Biden karena membuka fasilitas penjara dan bersiap untuk mengatasi masalah hak asasi manusia yang paling sulit.

Dia membuat serangkaian rekomendasi dan mengatakan bahwa meskipun perbaikan signifikan telah dilakukan, fasilitas tersebut harus segera ditutup.

Sementara itu, AS, dalam pengajuan ke Dewan Hak Asasi Manusia, mengatakan bahwa temuan penyelidik "semata-mata miliknya" dan bahwa AS dalam banyak hal tidak setuju dengan banyak pernyataan faktual dan hukum dalam laporan tersebut.

"Para tahanan hidup komunal dan menyiapkan makanan bersama; menerima perawatan medis dan psikiatris khusus; diberi akses penuh ke penasihat hukum; dan berkomunikasi secara teratur dengan anggota keluarga," bunyi pernyataan yang dikeluarkan AS seperti dikutip dari DW, Rabu (28/6/2023).

Sebelumnya, pengganti Bush, Barack Obama, berusaha menutup pusat penahanan tersebut namun gagal karena ditentang oleh Kongres. Sedangkan Donald Trump ingin agar fasilitas itu tetap terbuka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1121 seconds (0.1#10.140)