Bos Wagner: Kami Tunjukkan Kelas Master Bagaimana Menginvasi Ukraina

Selasa, 27 Juni 2023 - 09:39 WIB
loading...
Bos Wagner: Kami Tunjukkan Kelas Master Bagaimana Menginvasi Ukraina
Bos tentara bayaran Wagner Group Yevgeny Prigozhin klaim aksinya akhir pekan lalu bukan kudeta militer terhadap pemerintah Rusia, tapi pertunjukkan kelas master tentang cara menginvasi Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Bos tentara bayaran Wagner Group Yevgeny Prigozhin mengatakan pemberontakan satu hari di Rusia akhir pekan lalu adalah pertunjukan "kelas master" tentang bagaimana seharusnya menginvasi Ukraina.

Menurutnya, aksi yang dipahami banyak pihak sebagai kudeta militer itu bukan untuk menggulingkan pemerintah Presiden Vladimir Putin.

Dalam komentar publik pertamanya sejak mengakhiri pemberontakan pada Sabtu malam, Prigozhin mengulangi klaimnya yang sering bahwa Wagner Group adalah kekuatan tempur paling efektif di Rusia dan bahkan dunia.

Dia mengatakan cara mereka merebut kota Rostov-on-Don di Rusia selatan tanpa pertumpahan darah dan mengirim konvoi bersenjata ke jarak 200 km dari Moskow telah menjadi bukti keefektifan para tentara bayarannya.



"Kami menunjukkan kelas master, sebagaimana seharusnya [menginvasi Ukraina] pada 24 Februari 2022," katanya dalam pesan audio berdurasi 11 menit yang dirilis di Telegram, sebagaimana dikutip Reuters, Selasa (27/6/2023).

"Kami tidak memiliki tujuan untuk menggulingkan rezim yang ada dan pemerintah yang terpilih secara sah," katanya lagi tanpa mengungkap lokasi keberadaannya sekarang.

Prigozhin memperbarui tuduhan, sejauh ini tidak didukung oleh bukti, bahwa militer Rusia telah menyerang kamp Wagner dengan rudal dan kemudian helikopter, menewaskan sekitar 30 orangnya.

Menurutnya serangan itulah yang menjadi pemicu langsung dari apa yang disebutnya "pawai keadilan" pada akhir pekan lalu.

Wagner menghentikan gerak majunya menuju Moskow pada saat Prigozhin menyadari bahwa pihaknya harus menghadapi pasukan Rusia yang menunggu, dan bahwa darah pasti akan tertumpah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2676 seconds (0.1#10.140)