Presiden Lithuania: Pemberontakan Wagner Menunjukkan Putin Raja Telanjang

Senin, 26 Juni 2023 - 08:19 WIB
loading...
Presiden Lithuania: Pemberontakan Wagner Menunjukkan Putin Raja Telanjang
Pemberontakan singkat tentara bayaran Wagner Group menunjukkan keamanan rezim Vladimir Putin di Rusia begitu rapuh. Foto/REUTERS
A A A
VILNIUS - Presiden Lithuania Gitanas Nauseda mengatakan pemberontakan singkat tentara bayaran Wagner Group menunjukkan Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai raja "telanjang".

Maksud komentar presiden negara NATO itu adalah keamanan rezim Putin begitu rapuh sehingga sekelas tentara swasta pun mampu menggoyang kepemimpinan militer Kremlin.

Menurut Nauseda, pemberontakan singkat yang dipimpin bos Wagner Group Yevgeny Prigozhin menunjukkan bahwa ancaman serius dapat dilakukan terhadap rezim Putin.



Putin, kata Nauseda, semakin khawatir tentang keamanan nasional negaranya sendiri.

"Urutan peristiwa telah menunjukkan bahwa raja telanjang dan kolom militer sebesar ini dapat berbaris cukup jauh untuk menimbulkan ancaman mendasar bagi rezim (Rusia)," kata Nauseda setelah pertemuan Dewan Pertahanan Negara Lithuania, yang dilansir Sky News, Senin (26/6/2023).

Sekadar diketahui, pada Sabtu pekan lalu, Prigozhin dan 25.000 pasukannya melancarkan pemberontakan, marah karena tentara bayarannya, menurutnya, telah dibom oleh militer Rusia.

Dengan tentara Wagner menguasai kota Rostov-on-Don, dan dilaporkan mengalir menuju Moskow, Presiden Putin membuat siaran televisi darurat pada Sabtu malam.

Mengamuk atas "pengkhianatan internal", Putin mengatakan: "Ambisi tanpa batas dan kepentingan pribadi telah menyebabkan pengkhianatan terhadap negara dan pengkhianatan terhadap rakyat."

“Semua orang yang dengan sengaja menempuh jalan pengkhianatan, yang mempersiapkan pemberontakan bersenjata, menempuh jalan pemerasan dan metode teroris, akan menderita hukuman yang tak terelakkan, akan menjawab baik di depan hukum maupun di hadapan rakyat kita,” janjinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1729 seconds (0.1#10.140)