Misteri Diamnya Bos Wagner setelah Tiba-tiba Batalkan Kudeta Militer Rusia

Senin, 26 Juni 2023 - 06:56 WIB
loading...
A A A
Diumumkan bahwa bos tentara bayaran Wagner Group yang memberontak akan meninggalkan Rusia dan tidak akan menghadapi dakwaan setelah membatalkan gerak maju pasukannya pada hari Sabtu.

Itu meredakan krisis keamanan paling serius Rusia dalam beberapa dekade.

Perseteruan antara Prigozhin dan petinggi militer Rusia memuncak pada hari sebelumnya, di mana pasukan Wagner merebut markas besar tentara di Rusia selatan dan kemudian menuju ke utara untuk mengancam ibu kota.

Dalam beberapa jam setelah perubahan sikap Prigozhin, Kremlin mengumumkan bos Wagner tersebut akan berangkat ke Belarusia dan Rusia tidak akan menuntutnya atau anggota kelompok tersebut.

Alasan backflip tidak jelas.

"Semua orang menggaruk-garuk kepala," kata mantan kepala operasi Rusia CIA, Steve Hall, kepada CNN.

“Satu-satunya hal yang dapat saya pahami dari hari seperti hari ini, Anda memiliki dua orang yang menemukan diri mereka dalam situasi yang tidak dapat dipertahankan dan harus mencari jalan keluar.”

Dia menambahkan: “Putin seharusnya melihatnya datang secara harfiah beberapa bulan yang lalu. Kita akan lihat bagaimana akhirnya. Saya rasa ceritanya belum berakhir.”

Pensiunan Brigadir Angkatan Darat Amerika Serikat, Jenderal (Purn) Peter Zwack mengatakan Putin telah menderita "pukulan mematikan", dengan citra orang kuatnya yang compang-camping.

“Ada dua pertarungan eksistensial yang terjadi dalam perang Rusia-Ukraina ini,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1277 seconds (0.1#10.140)