Pecah Rekor, Suhu di Beijing Tembus 41 Derajat Celcius

Jum'at, 23 Juni 2023 - 03:30 WIB
loading...
Pecah Rekor, Suhu di Beijing Tembus 41 Derajat Celcius
Suhu di ibu kota China, Beijing menembus angka 41 derajat celcius. FOTO/Reuters
A A A
BEIJING - Suhu di Beijing menembus 41 derajat Celcius pada Kamis (22/6/2023) dan memecahkan rekor hari terpanas di bulan Juni. Saat ini gelombang panas yang melanda China utara seminggu sebelumnya, kembali ke ibu kota China.

Stasiun cuaca di pinggiran selatan, yang dianggap sebagai ukuran utama Beijing, mencatat 41,1 derajat Celcius pada pukul 15.19 waktu setempat, menurut Beijing Daily. Suhu tertinggi bulan Juni sebelumnya dicatat pada 10 Juni 1961, ketika merkuri mencapai 40,6 derajat Celcius.



Di Tanghekou di timur laut Beijing, suhu bahkan meningkat hingga 41,8 derajat Celcius membantu kota kecil itu meraih gelar tempat terpanas di China pada Kamis.

Beijing telah menaikkan peringatan oranye, peringatan cuaca paling parah kedua, mengatakan suhu bisa mencapai 39 derajat Celcius dari Kamis hingga Sabtu.

Suhu 41,1 derajat Celcius yang dicatat pada hari Kamis adalah yang tertinggi kedua dalam sejarah kota itu. Suhu terhangat yang tercatat di kota berpenduduk hampir 22 juta jiwa itu adalah 41,9 derajat Celcius pada 24 Juli 1999.

"Sebelumnya di bulan Juni tidak pernah sepanas ini, tapi sekarang sangat panas sampai tangan saya gemetar," tulis seorang pengguna di platform media sosial Weibo.



"Apakah ada tiga matahari yang terik di atas Beijing saat ini? Cukup panas untuk menyebabkan kerusakan," tulis yang lain.

Beijing, Tianjin, Hebei dan Shandong di China utara dan timur dilanda gelombang panas minggu lalu, dengan biro cuaca nasional mengeluarkan peringatan serangan panas, hampir dua minggu lebih awal dari tahun-tahun sebelumnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1266 seconds (0.1#10.140)