Rusia Tuding Ukraina Serang Jembatan Penghubung Crimea, Jalankan Pesan Inggris

Kamis, 22 Juni 2023 - 17:00 WIB
loading...
Rusia Tuding Ukraina Serang Jembatan Penghubung Crimea, Jalankan Pesan Inggris
Rusia tuding Ukraina serang jembatan penghubung Crimea, jalankan pesanan Inggris. Foto/BBC
A A A
MOSKOW - Ukraina telah menyerang jembatan yang menghubungkan Ukraina selatan ke semenanjung Crimea dengan rudal jarak jauh Inggris. Hal itu diungkapkan para pejabat Rusia.

"Dua jembatan paralel Chonhar keduanya rusak tetapi tidak ada yang terluka," kata gubernur yang dilantik Rusia di Kherson yang diduduki, Vladimir Saldo seperti dikutip dari BBC, Kamis (22/6/2023).

Dia mengatakan kemungkinan rudal Storm Shadow Inggris digunakan dalam serangan yang "dipesan oleh London".



Jembatan tersebut merupakan rute terpendek dari Crimea ke garis depan di selatan.

Jembatan ini juga merupakan penghubung penting ke kota Melitopol yang diduduki, yang terletak di jalur pantai dari perbatasan Rusia melintasi Ukraina selatan ke Crimea.

Foto yang diposting oleh Vladimir Saldo menunjukkan lubang menganga di salah satu dari dua jembatan, tetapi dia mengatakan perbaikan akan dilakukan dengan cepat dan kendaraan akan mengambil rute alternatif untuk sementara.

Rusia menggunakan jalan itu sebagai jembatan darat ke Crimea dan Melitopol diperkirakan menjadi salah satu sasaran serangan balik Ukraina, yang dimulai di wilayah selatan Zaporizhzhia awal bulan ini.



Pasukan Rusia merebut semenanjung Crimea dari Ukraina pada 2014 dan kemudian pada Februari tahun lalu mereka juga menginvasi wilayah pesisir selatan Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1165 seconds (0.1#10.140)