4 Keunggulan BRICS Dibanding dengan G7, Kelompok Ekonomi Dunia yang Kini Makin Banyak diminati

Rabu, 21 Juni 2023 - 15:05 WIB
loading...
4 Keunggulan BRICS Dibanding dengan G7, Kelompok Ekonomi Dunia yang Kini Makin Banyak diminati
Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Brics merupakan sebuah kelompok ekonomi yang terdiri dari Brasil, Rusia , India, China dan Afrika Selatan. Keberadaan kelompok ini tentu menjadi pesaing G7 yang juga dihuni oleh beberapa negara maju di dunia.

Meskipun tergolong baru, Brics sendiri sempat menghebohkan dunia lantaran memiliki kekuatan ekonomi yang bakal melebihi G7. Hal itu bisa didapatkan lantaran ada sejumlah kelebihan yang dimiliki olehnya.


Berikut empat kelebihan BRICS dibandingkan dengan G7:

1. BRICS diisi Negara Pemasok Bahan Mentah dan Jasa Manufaktur Terbesar Dunia


BRICS merupakan akronim untuk negara-negara berkembang seperti Brasil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan. Kelima negara itu adalah negara-negara yang diyakini akan menjadi pemasok dominan barang, jasa dan bahan baku pada tahun 2050.

China dan India akan pemasok barang dan jasa manufaktur yang dominan di dunia. Sedangkan Brasil, Rusia dan Afrika Selatan menjadi pemasok bahan mentah.

2. BRICS Dihuni Negara Penguasa Pasar Dunia


India dan China merupakan dua negara besar yang kini bisa terbilang sebagai penguasa pasar dunia. Hal ini dibuktikan dengan berbagai barang produksinya telah tersebar ke seluruh penjuru dunia.

Terlepas dari sistem ekonomi dan politik yang berbeda, kedua negara tersebut telah mengangkat jutaan orang dari kemiskinan. Mengingat besarnya skala perubahan ini, kemunculan India dan China sebagai penguasa pasar memiliki implikasi yang mendalam bagi seluruh dunia.


3. Memiliki PDB Global yang Lebih Tinggi


Dikutip dari laman silkroadbriefing, Rabu, (21/6/2023), Brics saat ini telah menyumbangkan 31,5 persen dari PDB global, artinya jumlah tersebut lebih tinggi dari G7 yang diketahui tengah mengalami penurunan hingga menjadi 30 persen saja.

Oleh karenanya keberadaan BRICS sangat diharapkan untuk memberikan kontribusi lebih dari 50 persen dari PDB global pada tahun 2030 mendatang. Terlebih PDB China saat ini benar-benar melampaui Amerika Serikat pada tahun 2015 ketika membandingkan ekonomi dalam hal paritas pembelian.

4. BRICS Banyak diminati Negara Dunia


Keberhasilan kelompok BRICS telah membuat sejumlah negara di dunia tertarik untuk bergabung dengannya. Beberapa negara yang ingin bergabung dengan BRICS diantaranya seperti Algeria, Argentina, Bahrain, Mesir dan Uni Arab Emirates.

Saat ini kelima negara anggota BRICS masih mempertimbangkan untuk menambah anggota baru. Padahal, beberapa negara seperti Algeria dan Argentina sudah mengantri untuk menjadi anggota baru sejak tahun 2022 lalu.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1714 seconds (0.1#10.140)