7 Konsep Masa Depan Manusia yang Mengubah Peradaban Dunia, Nomor 6 Eksplorasi Antariksa Meningkat

Selasa, 20 Juni 2023 - 21:05 WIB
loading...
7 Konsep Masa Depan Manusia yang Mengubah Peradaban Dunia, Nomor 6 Eksplorasi Antariksa Meningkat
Masa depan manusia sudah diprediksi dan bisa dirasakan saat ini. Foto/Reuters
A A A
LONDON - Dunia terus berputar dan memiliki siklus. Mulai dari Jalur Sutra, perjalanan laut yang menakutkan, lokomotif uap hingga kereta cepat dan pesawat nirawak saat ini. Masa depan manusia juga sudah bisa dibayangkan dengan berbagai konsep yang sudah ditawarkan.

Konsep yang terasa diambil dari novel dan film sci-fi dengan cepat masuk ke perjalanan arus utama, membentuk setiap langkah perjalanan. Cepat atau lambat, manusia bisa mengemudikan drone penumpang di sekitar Singapura atau meluncur ke orbit Bumi untuk mengagumi dunia dari ujung luar angkasa.

Dari taksi otonom hingga drone penumpang, terowongan imigrasi biometrik, terjemahan instan, dan hotel. Itu akan mengubah cara pandang manusia tentang dunia.

Berikut adalah 10 konsep masa depan manusia.

1. Tidak Ada Antre di Bandara

7 Konsep Masa Depan Manusia yang Mengubah Peradaban Dunia, Nomor 6 Eksplorasi Antariksa Meningkat

Foto/Reuters

Meskipun kontroversial, identifikasi biometrik untuk memverifikasi identitas seseorang secara otomatis melalui sidik jari, pengenalan wajah, atau pemindaian lekuk dengan cepat menjadi teknologi pilihan di bandara di seluruh dunia.

Dianggap sebagai cara yang lebih cepat dan lebih akurat untuk menyaring penumpang, biometrik dapat memangkas waktu pemrosesan untuk prosedur bandara biasa.

Misalnya, pada 2018, Bandara Internasional Dubai memperkenalkan terowongan "Smart Gates" biometrik, yang menggunakan pengenalan wajah untuk memverifikasi identitas pelancong hanya dalam lima detik.

Sesederhana kedengarannya: setelah turun dari pesawat, pelancong berjalan ke terowongan, melihat lampu hijau, lalu melanjutkan pengambilan bagasi tanpa mengantre atau berinteraksi dengan petugas imigrasi.

Di tempat lain di dunia, teknologi pengenalan wajah sudah digunakan sampai batas tertentu di Bandara Internasional Hong Kong, Tokyo Narita, Tokyo Haneda, Indira Gandhi International di Delhi, London Heathrow dan Paris Charles de Gaulle, di antara bandara lainnya.

Sementara itu, Uni Eropa berencana meluncurkan sistem masuk-keluar otomatis pada 2024 yang menggunakan sidik jari dan gambar wajah untuk mengidentifikasi pelancong asing dan merampingkan pemeriksaan kontrol perbatasan.

Maskapai juga mengadopsi identifikasi biometrik.

Emirates telah menciptakan "jalur biometrik" di Bandara Internasional Dubai yang memungkinkan penumpang melewati imigrasi dan boarding tanpa menunjukkan dokumen mereka.

Dan di AS, maskapai penerbangan besar seperti American Airlines, United, dan Delta telah bereksperimen dengan check-in biometrik, penyerahan bagasi, dan gerbang boarding di bandara tertentu selama beberapa tahun terakhir.


2. Augmented Reality Terus Berkembang

7 Konsep Masa Depan Manusia yang Mengubah Peradaban Dunia, Nomor 6 Eksplorasi Antariksa Meningkat

Foto/Reuters

Dalam perjalanan mendatang ke Eropa, bayangkan menjelajahi Galeri Accademia di Florence dipandu oleh patung "David" yang berbicara atau memulai perburuan harta karun digital melalui jalan-jalan di Paris.

Hanya membutuhkan telepon dan koneksi internet, augmented reality (AR) dapat menambah lapisan intrik lain pada pengalaman perjalanan kita.

Specterras Productions, yang berupaya membuat keajaiban alam dan budaya dunia lebih mudah diakses melalui teknologi, telah menghadirkan pengalaman seperti itu ke dalam kehidupan.

“Dengan AR, Anda dapat membuat patung animasi di museum – di masa mendatang, Anda dapat berjalan ke patung Alexander Agung atau Herodotus dan berinteraksi dengan seni melalui ponsel Anda, seperti 'Night at Musium,;" Michael Breer, chief creative officer di Specterras, mengatakan kepada CNN Travel.

AR dan virtual reality (VR) menjadi lebih umum selama pandemi Covid-19 ketika museum dan destinasi memperkenalkan pengalaman virtual interaktif untuk calon pelancong.

Terlebih lagi, seniman eksperimental seperti KAWS – yang dikenal dengan pahatan dan barang koleksinya yang seperti mainan – terkenal menggunakan teknologi ini dalam proyek “Expanded Holiday”, yang membuat patung AR raksasa melayang di 12 kota di seluruh dunia pada tahun 2020.

Breer mengatakan teknologi ini juga memungkinkan orang menjelajahi bagian dunia yang mungkin tidak dapat mereka lihat secara langsung.

“Secara ekonomi, mengunjungi tempat-tempat seperti Pompeii, Palmyra, Machu Picchu atau Great Barrier Reef sangatlah sulit. Jadi, bagi banyak orang, VR dan AR akan menjadi pengganti yang baik untuk pengalaman ini,” tambah Breer.

Dan dalam hal perencanaan, VR juga dapat memainkan peran yang lebih vital dalam pengambilan keputusan di masa mendatang.

3. Maraknya Mobil Terbang

7 Konsep Masa Depan Manusia yang Mengubah Peradaban Dunia, Nomor 6 Eksplorasi Antariksa Meningkat

Foto/Reuters

Kelekona yang berbasis di New York berencana untuk menawarkan penerbangan dengan bus drone berkapasitas 40 penumpang bertenaga baterai sebagai alternatif ramah lingkungan untuk angkutan massal.

Pesawat futuristik ini cenderung elektrik, ultralight, dan dilengkapi dengan perangkat lunak autopilot yang memungkinkan orang biasa untuk duduk di kursi pilot.

Itulah strategi di LIFT Aircraft, yang mengatakan bahwa siapa pun dapat menerbangkan pesawat amfibi HEXA di AS tanpa lisensi pilot karena memenuhi syarat sebagai kendaraan "ultra-ringan" berdasarkan peraturan federal.

Pesawat ini menawarkan banyak tindakan pencegahan keselamatan otomatis seperti sistem penghindaran tabrakan, komputer penerbangan triple-redundan, dan parasut balistik untuk seluruh pesawat.

Di jalur yang tepat untuk mulai menawarkan penerbangan komersial pada tahun 2023, perusahaan berencana untuk membiarkan para pelancong menerbangkan pesawat dalam perjalanan singkat dan indah – sekitar 8-15 menit setiap kali – selama roadshow 25 kota di seluruh AS.

Di masa mendatang, pelanggan akan dapat menemukan dan memesan penerbangan LIFT melalui aplikasi seluler yang menyediakan pelatihan simulasi penerbangan, uji kecakapan, daftar periksa pra-penerbangan, dan dukungan awak darat.

Perusahaan lain, seperti Ehang di China, sedang dalam misi untuk mengurangi kemacetan lalu lintas dengan menerbangkan drone taksi.

Pada saat yang sama, Kelekona yang berbasis di New York berencana untuk menawarkan penerbangan dengan bus bertenaga baterai berkapasitas 40 penumpang sebagai alternatif transportasi massal yang ramah lingkungan.

Perusahaan terkenal lainnya adalah Volocopter, yang akan membawa armada taksi udara listrik ke Singapura dan Paris pada tahun 2024.

Lalu ada Jetson ONE - eVTOL satu orang, semua-listrik dengan kemampuan melayang-layang otomatis, terbang stabil, dan mendarat - yang dapat terbang selama sekitar 20 menit hingga 63 mph.

"Aplikasi pertama untuk mobil terbang masa depan adalah untuk menggantikan taksi di kota-kota besar," kata salah satu pendiri Jetson Peter Ternstrom kepada CNN Travel. “Ini akan membebaskan ruang di permukaan tanah dan memberikan layanan yang jauh lebih cepat bagi para penumpang. Hal yang sama berlaku untuk layanan antar-jemput dari pusat kota ke bandara.

“Mobil terbang listrik pribadi akan merevolusi perjalanan petualang. Safari, puncak gunung, mengunjungi Machu Picchu – semua tempat yang saat ini sulit dijangkau tiba-tiba menjadi mungkin.”


4. Robotaxis Mendapatkan Momentum

Sementara beberapa layanan taksi menuju ke awan, yang lain akan tetap kokoh di terra firma – tetapi dengan beberapa peningkatan yang serius.

Tersedia untuk penumpang umum di Las Vegas, Motion menyediakan robotaxis otonom (melalui aplikasi Lyft dan Uber) yang dapat menurunkan penumpang di tujuan populer di Las Vegas Strip.

Perusahaan lain yang melihat momentum adalah Waymo (anak perusahaan dari perusahaan induk Google Alphabet Inc.), yang telah mengoperasikan layanan transportasi online pertama yang sepenuhnya otonom di beberapa bagian Phoenix sejak 2020.

Tersedia melalui aplikasi Waymo One, layanan ini telah diperluas ke pusat kota Phoenix, San Francisco dan, selanjutnya, Los Angeles.

Tentu saja, pemain besar seperti Amazon, Tesla, dan Cruise melaju kencang di Amerika Utara.

Unit kendaraan self-driving Amazon yang dikenal sebagai Zoox sedang diuji di San Francisco; pembaruan untuk perangkat lunak Full Self-Driving Beta Tesla tersedia pada pertengahan Maret, mengatasi risiko keselamatan yang terkait dengan penarikan sebelumnya; dan Cruise beroperasi di San Francisco dan Austin.

Di sisi lain dunia, di China, raksasa teknologi Baidu mulai mengoperasikan layanan transportasi online yang sepenuhnya otonom, Apollo Go, di kota-kota seperti Beijing, Chongqing, dan Wuhan pada tahun 2022 dan berencana untuk berkembang pesat pada tahun 2023.

“Layanan ojek otonom secara bertahap menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat,” kata juru bicara Baidu kepada CNN Travel. “Di kota-kota seperti Beijing, Shanghai, dan Guangzhou, rata-rata setiap robotaxi di Apollo Go dapat menyelesaikan lebih dari 15 perjalanan per hari.”

5. Penerbangan Ramah Lingkungan

Masa depan perjalanan terkait erat dengan perubahan iklim – sebuah kenyataan yang menyebabkan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) mengumumkan tujuan jangka panjang untuk mencapai emisi karbon nol bersih pada tahun 2050.

Berkat perpaduan teknologi yang muncul mulai dari bahan bakar penerbangan berkelanjutan hingga mesin bertenaga hidrogen hingga pesawat serba listrik, hal itu tentu saja mungkin, meskipun para kritikus telah menyatakan keraguan yang cukup besar.

Eviation Aircraft yang berbasis di AS memimpin, mengintip ke masa depan dengan pesawat "Alice" yang ramping dan serba listrik.

Ditetapkan untuk memasuki layanan pada tahun 2027, pesawat komuter sembilan tempat duduk bertujuan untuk mengurangi dampak lingkungan dari lompatan regional. Sejauh ini, lebih dari 300 pesawat Alice telah dipesan oleh maskapai seperti Aerus di Meksiko, DHL, Air New Zealand, dan lainnya.

Menurut perusahaan, pesawat "Overture" Boom dapat mengangkut hingga 80 orang dengan kecepatan Mach 1,7 (atau sekitar dua kali lebih cepat dari maskapai tradisional) sambil mengeluarkan emisi nol karbon. Artinya, penerbangan dari New York City ke Frankfurt bisa memakan waktu empat jam, bukan delapan, atau Anda bisa pergi dari LA ke Sydney dalam delapan jam, bukan 14.

6. Eksplorasi Angkasa Meningkat

Menurut SpaceVIP, yang menyebut dirinya sebagai satu-satunya agregator pengalaman terkait luar angkasa, kira-kira puluhan jenis ekspedisi tersedia pada tahun 2023, dan masih banyak lagi yang akan menyusul.

Sebagai permulaan, Blue Origin menawarkan tamasya melewati Garis Kármán – batas 62 mil di atas permukaan laut yang menandai awal dari luar angkasa.

Sementara itu, SpaceX telah berhasil meluncurkan orbit komersial di sekitar Bumi, misi ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), dan berencana untuk membawa pengusaha Jepang Yusaku Maezawa dan kru seniman, aktor, musisi, dan atlet internasional dalam misi sipil pertama di sekitar bulan. pada tahun 2023.

Mereka yang mencari pengalaman santai dan mewah dapat segera melakukan perjalanan ke tepi ruang dalam kapsul Neptunus Spaceship bertekanan, didorong oleh SpaceBalloon (sama digunakan oleh NASA), dengan Space Perspective.

Selama perjalanan enam jam, yang akan diluncurkan pada tahun 2024, para pelancong akan menikmati pemandangan Bumi yang indah, hidangan gourmet, dan koktail sebelum turun perlahan dan mendarat di air.

Virgin Galactic, sementara itu, berencana meluncurkan joyrides 90 menit ke atmosfer atas musim panas ini.

Jika mereka melanjutkan, penerbangan suborbital senilai USD450.000 akan mencapai sekitar 50 mil di atas planet ini, di mana penumpang akan memiliki waktu sekitar satu menit untuk menikmati pemandangan menakjubkan dan mengalami gravitasi nol.

7. Berbicara Bahasa Asing dengan Mudah

Ucapkan selamat tinggal pada hambatan bahasa. Mymanu menawarkan terjemahan suara otomatis melalui earbud CLIK S-nya.

Misalkan hambatan bahasa menjadi bagian dari masa lalu. Dalam hal ini, kami dapat terhubung lintas budaya, bekerja dan tinggal di luar negeri, menemukan peluang bisnis baru, dan berhubungan dengan anggota keluarga yang jauh.

Kabar baiknya adalah terjemahan waktu nyata semakin canggih dari hari ke hari.

Pixel Buds Google dapat menerjemahkan apa yang dikatakan langsung ke telinga Anda atau membagikan transkripsi sehingga Anda dapat mengikuti.

Perusahaan juga sedang mengerjakan kacamata augmented-reality yang dapat dipakai yang menampilkan teks terjemahan pada lensa secara real-time.

Perusahaan lain, Mymanu, juga menawarkan terjemahan suara otomatis melalui earbud CLIK S.

Saat ini digunakan di industri perhotelan dan akan segera diluncurkan untuk membantu pencari suaka di Inggris Raya, headphone ini disinkronkan dengan aplikasi terjemahan MyJuno milik perusahaan untuk membantu pengguna berkomunikasi dengan orang-orang dalam lebih dari 37 bahasa.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1368 seconds (0.1#10.140)