alexametrics

Padati Stadion, Ribuan Warga Filipina yang Ingin Mudik Dites Covid-19

loading...
Padati Stadion, Ribuan Warga Filipina yang Ingin Mudik Dites Covid-19
Warga memadati stadion bisbol untuk tes Covid-19 di Manila, Filipina. Foto/REUTERS
A+ A-
MANILA - Ribuan warga Filipina memadati stadion bisbol di Manila pada Sabtu (25/7), mengabaikan aturan social distancing meski ada risiko virus corona.

Mereka menjalani tes Covid-19 sebagai syarat mengikuti program pemerintah memulangkan mereka ke daerah asalnya (mudik) untuk membantu warga yang kehilangan pekerjaan di ibu kota.

Para pejabat menjadikan stadion itu sebagai tempat tes warga sebelum mengangkut mereka ke tempat asalnya. Pejabat merencanakan 7.500 orang tiba di stadion itu sejak Jumat (24/7), tapi ternyata ada 2.000 orang lagi yang datang ke sana tanpa dijadwalkan terlebih dulu.

“Karena kelebihan jumlah orang, kami tak lagi bisa mengontrol situasi dan aturan social distancing tak dilaksanakan,” papar Wakil Menteri Joseph Encabo yang memimpin program bantuan transportasi pemerintah itu.



Polisi dikerahkan untuk menerapkan social distancing tapi orang-orang tetap saja tak menghiraukan. Beberapa orang juga tidak memakai masker.

Banyak orang di stadion itu terjebak di Manila saat penerapan lockdown pada pertengahan Maret untuk merespon pandemi virus corona.



Lockdown dilonggarkan pada Juni sehingga bisnis dapat buka lagi dalam kapasitas terbatas. Namun sekolah masih tutup dan perkumpulan massa dilarang.

Semua orang harus memakai masker di tempat publik dan menjaga jarak satu meter. Anak-anak dan warga lanjut usia diminta tetap tinggal di rumah.
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak