Aparat Pakistan Tangkap 10 Tersangka Perdagangan Manusia

Senin, 19 Juni 2023 - 23:50 WIB
loading...
Aparat Pakistan Tangkap 10 Tersangka Perdagangan Manusia
Aparat Pakistan Tangkap 10 Tersangka Perdagangan Manusia. FOTO/Reuters
A A A
ISLAMABAD - Pihak berwenang Pakistan menangkap 10 tersangka perdagangan manusia pada Minggu (18/6/2023). Penangkapan dilakukan beberapa hari setelah ratusan migran dikhawatirkan tenggelam di lepas pantai Yunani.

Seperti dilaporkan AFP, setiap tahun ribuan anak muda Pakistan memulai perjalanan berbahaya. Mereka mencoba memasuki Eropa secara ilegal untuk mencari kehidupan yang lebih baik.



Media lokal mengatakan sebanyak 300 warga Pakistan tewas setelah sebuah kapal pukat berkarat tenggelam di dekat semenanjung Peloponnese Yunani pertengahan pekan lalu.

Para pejabat mengatakan, sembilan orang telah ditahan di Kashmir yang dikelola Pakistan - rumah bagi sebagian besar korban - dan satu di Gujrat, sebuah kota yang telah lama menjadi batu loncatan bagi para migran.

“Mereka saat ini sedang diselidiki atas keterlibatan mereka dalam memfasilitasi seluruh proses,” kata Chaudhary Shaukat, seorang pejabat lokal dari Kashmir yang dikelola Pakistan.

Diyakini, sekitar 400 hingga 750 orang berada di kapal tersebut, menurut pernyataan bersama dari Organisasi Internasional untuk Migrasi dan Badan Pengungsi PBB.



Pada hari Sabtu, kementerian luar negeri Pakistan mengatakan 12 warga negara telah selamat, tetapi tidak ada informasi berapa banyak yang berada di kapal tersebut. Seorang pejabat imigrasi mengatakan kepada AFP tanpa menyebut nama bahwa angka itu bisa melampaui 200.

Senin telah dinyatakan sebagai Hari Berkabung Nasional, sementara Perdana Menteri Shehbaz Sharif telah memerintahkan tindakan keras segera terhadap agen yang terlibat dalam penyelundupan manusia, dengan mengatakan mereka akan "dihukum berat".

"Perdana Menteri telah memberikan arahan tegas untuk mengintensifkan upaya memerangi individu yang terlibat dalam kejahatan keji perdagangan manusia," kata kantornya dalam sebuah pernyataan.

Kombinasi kekacauan politik dan ekonomi di ambang kehancuran mendorong puluhan ribu orang Pakistan meninggalkan negara itu - secara legal dan ilegal. Para pemuda, terutama dari Punjab timur dan provinsi Khyber Pakhtunkhwa barat laut, sering menggunakan rute melalui Iran, Libya, Turkiye, dan Yunani untuk memasuki Eropa.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1171 seconds (0.1#10.140)