AS Kukuhkan Wanita Muslim Pertama Jadi Hakim Federal

Sabtu, 17 Juni 2023 - 04:39 WIB
loading...
AS Kukuhkan Wanita Muslim Pertama Jadi Hakim Federal
Nusrat Choudhury menjadi wanita Muslim pertama Amerika Serikat (AS) yang menjadi hakim federal. Foto/NBC News
A A A
WASHINGTON - Nusrat Choudhury menjadi wanita Muslim pertama yang menjadi hakim federal Amerika Serikat (AS). Wanita keturunan Bangladesh-Amerika itu dikukuhkan sebagai hakim federal oleh Senat AS pada Kamis lalu.

Pemungutan suara di Senat yang dipimpin Demokrat secara sempit melewati garis partai.

Presiden Joe Biden mencalonkan pengacara hak-hak sipil itu pada Januari 2022, bersama dengan tujuh calon yudisial federal lainnya, yang dikatakan oleh Gedung Putih, "terus memenuhi janji Presiden untuk memastikan bahwa pengadilan negeri mencerminkan keragaman yang merupakan salah satu aset terbesar kita sebagai pengadilan – baik dari segi latar belakang pribadi maupun profesional."

Zahid Quraishi, hakim distrik untuk Distrik New Jersey dan hakim federal Muslim Amerika pertama dalam sejarah AS, juga ditunjuk oleh Biden dan dikukuhkan pada tahun 2021.



Choudhury akan bergabung dengan Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Timur New York, yang telah menangani kasus-kasus penting termasuk dakwaan baru-baru ini terhadap legislator Partai Republik George Santos terkait penipuan dan pencucian uang.

Choudhury saat ini menjabat sebagai direktur hukum untuk American Civil Liberties Union cabang Illinois, di mana dia mendorong reformasi polisi dengan fokus pada litigasi praktik diskriminatif. Menurut ACLU, pekerjaannya termasuk menantang kebijakan stop-and-frisk Departemen Kepolisian Milwaukee dan praktik pengawasan Departemen Kepolisian New York pasca 9/11, yang telah dikritik diskriminatif terhadap Muslim Amerika.

“Nusrat Choudhury adalah seorang pengacara hak-hak sipil perintis dengan catatan luar biasa dalam memajukan keadilan yang setara bagi semua orang di negara kita,” kata Anthony Romero, direktur eksekutif ACLU, dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari CNN, Sabtu (17/6/2023).

Dia menambahkan bahwa konfirmasi tersebut adalah tanda seru atas rekam jejaknya yang panjang dalam melindungi kebebasan sipil dan hak-hak sipil.

Namun, pekerjaan reformasi polisi Choudhury-lah yang mendorong Senator Demokrat Joe Manchin untuk bergabung dengan Partai Republik dalam menentang pencalonannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1023 seconds (0.1#10.140)