Israel Gempur Posisi Tentara Suriah

Sabtu, 25 Juli 2020 - 06:57 WIB
loading...
Israel Gempur Posisi Tentara Suriah
Israel menggempur posisi tentara Suriah sebagai aksi balasan atas serangan mortir di Dataran Tinggi Golan. Foto/Ilustrasi
A A A
TEL AVIV - Militer Israel mengatakan helikopter-helikopternya mengenai sasaran-sasaran tentara Suriah . Serangan itu dilakukan sebagai respon terhadap mortir yang ditembakkan ke Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel.

"Sejumlah sasaran terkena serangan, termasuk pos-pos pengamatan SAF dan sistem pengumpulan intelijen yang terletak di pangkalan-pangkalan SAF," kata militer Israel dalam sebuah pernyataan, merujuk pada Angkatan Bersenjata Suriah, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (25/7/2020).( Baca:Penduduk Israel Terpapar Radiasi Berbahaya Sistem Rudal Iron Dome )

Sementara itu kantor berita pemerintah Suriah, SANA, mengutip sebuah sumber militer mengatakan helikopter-helikopter Israel menargetkan tiga pos terdepan di daerah Quneitra selatan Suriah dengan rudal-rudal anti-tank yang dipandu, menyebabkan dua tentara terluka dan beberapa serangan memicu kebakaran hutan.

Serangan itu terjadi beberapa jam setelah militer Israel mengatakan terdengar ledakan dari daerah Dataran Tinggi Golan yang dikuasai Israel.

"Tidak ada korban yang dilaporkan tetapi sebuah bangunan dan kendaraan Israel rusak," kata militer Israel.

Ketegangan meningkat minggu ini di sepanjang perbatasan Israel-Suriah setelah seorang pejuang kelompok Syiah Lebanon yang didukung Iran, Hizbullah, tewas dalam serangan Israel di tepi Damaskus pada hari Senin.(Baca: Pertahanan Udara Suriah Lumpuhkan Serangan Israel di Atas Damaskus )

Militer Israel mengatakan telah meningkatkan pasukannya di front utara, di mana Israel berbatasan dengan Libanon dan Suriah.

Menyusul pembunuhan dua anggota Hizbullah di Damaskus Agustus lalu, Sayyed Hassan Nasrallah, pemimpin kelompok itu, bersumpah akan merespons jika Israel membunuh lagi pejuangnya di negara itu.(Baca: Israel Bebaskan Tokoh Pemimpin Hamas Hassan Yousef )

Hizbullah telah mengerahkan pejuangnya di Suriah sebagai bagian dari upaya yang didukung Iran untuk mendukung Presiden Bashar al-Assad dalam konflik yang dipicu aksi protes terhadap kekuasaannya pada 2011.

Israel melihat kehadiran Hizbullah dan sekutunya Iran di Suriah sebagai ancaman strategis dan telah meningkatkan ratusan serangan terhadap target terkait Iran di sana. Negara Zionis itu merebut Dataran Tinggi Golan dari Suriah dalam perang Timur Tengah pada 1967.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0979 seconds (0.1#10.140)