Mengaku Transgender, Pastor Gereja Baptis Kanada Dipecat

Sabtu, 25 Juli 2020 - 01:35 WIB
loading...
Mengaku Transgender, Pastor Gereja Baptis Kanada Dipecat
Pastor Junia June Joplin dipecat setelah mengaku sebagai transgender. Foto/Foxnews
A A A
OTTAWA - Sebuah gereja di Kanada memecat seorang pastor di karena "alasan teologis," setelah mengaku sebagai waria dalam khotbah daring.

Pastor Junia "June" Joplin, yang berasal dari North Carolina, membuat pengakuan mengejutkan beberapa orang pada bulan Juni lalu dengan membuat pengumuman di Gereja Baptis Lorne Park Mississauga, Ontario, selama sebuah layanan yang diadakan online karena penguncian wilayah akibat virus Corona.

"Aku ingin kau mendengarku ketika aku memberitahumu bahwa aku tidak seharusnya hanya menjadi pendeta. Aku seharusnya menjadi seorang wanita," kata Joplin.

"Teman-temanku, keluargaku, namaku Junia. Kamu bisa memanggilku June. Aku wanita transgender dan kata ganti ku adalah her dan she," imbuhnya.

Lebih dari setengah dari 111 anggota jemaat memilih untuk mengakhiri kontak setelah pengakuan Joplin, sebuah perjalanan yang dimulai pada 2018 dengan memberi tahu pasangan dan putra-putranya.(Baca: Horor, 2 Wanita Transgender AS Tewas Dibakar di Puerto Rico )

"Gereja telah melakukan pemeriksaan selama sebulan terakhir melalui proses upaya untuk membedakan kehendak Tuhan yang dihasilkan dari pengumuman Juni 14 Juni 2020 bahwa dia adalah seorang wanita transgender," kata gereja tempat Joplin mulai memimpin pada 2014 dalam sebuah pernyataan kepada kantor berita CBC.

"Setelah satu bulan discernment doa dan diskusi antara Juni dan jemaat, ditentukan, untuk alasan teologis, bahwa bukan dalam kehendak Tuhan bahwa Juni tetap sebagai pendeta kita," sambung pernyataan itu seperti dikutip dari Fox News, Sabtu (25/7/2020).

Joplin mengatakan kepada Fox News bahwa dia terkejut dan kecewa mendengar gereja menunjuk pada alasan-alasan teologis. Dia mengatakan dia telah mempekerjakan orang-orang LGBTQ + sebelum tanpa insiden dan telah memberitakan pesan inklusif untuk feed back positif.(Baca: Anak-anak Australia Kini Bisa Tentukan Jenis Kelaminnya di Akta Kelahiran )

"Saya menyadari bahwa banyak orang Baptis tidak akan mempekerjakan seorang wanita transgender sebagai pendeta," kata Joplin.

"Tapi Lorne Park tidak pernah secara eksplisit menunjukkan bahwa mereka adalah salah satu dari gereja-gereja itu sampai hari Senin, ketika mayoritas terkecil mengambil keputusan itu untuk semua orang," imbuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1731 seconds (0.1#10.140)