7 Fakta Kedekatan Vladimir Putin dan Kim Jong Un

Rabu, 14 Juni 2023 - 13:25 WIB
loading...
7 Fakta Kedekatan Vladimir Putin dan Kim Jong Un
Presiden Rusia Vladimir Putin memiliki kedekatan psikologis dan emosional dengan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un memiliki kedekatan khusus dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Bukan hanya mengenai hubungan antar pemimpin negara, tetapi keduanya juga memiliki kedekatan personal dan emosional yang intensif.

Baik Kim Jong Un dan Putin memiliki keterikatan dalam ideologis, sejarah, hingga kepentingan serta musuh bersama yang sama yakni Amerika Serikat (AS). Keduanya juga mencoba meningkatkan hubungan bilateral baik dalam ekonomi, terutama perdagangan.

Berikut adalah 7 fakta kedekatan antara Vladimir Putin dan Kim Jong Un.

1. Mengucapkan Selamat Ulang Tahun

7 Fakta Kedekatan Vladimir Putin dan Kim Jong Un

Foto/Reuters

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengirim ucapan selamat ulang tahun kepada Presiden Rusia Vladimir Putin pada Oktober 2022.

Namun demikian, ucapan selamat tersebut dikaitkan dengan hal yang serius. Kim Jong Un mengungkap selamat dengan kalimat, "menghancurkan tantangan dan ancaman Amerika Serikat."


2. Kirim Ucapan Selamat Tahun Baru

Kim Jong Un mengirim kartu Tahun Baru 2023 kepada para pemimpin dari berbagai negara. Salah satunya adalah Putin.

Kantor berita Korea Utara, KCNA, tidak merinci surat atau isinya. Namun, Kim mungkin telah meminta para pemimpin penerima untuk menjalin hubungan lebih dekat dengan negaranya dalam suratnya, sambil mengkritik "imperialisme AS" di wilayah tersebut.

Dia tidak merahasiakan tujuan Korea Utara untuk menjadi negara senjata nuklir yang lebih kuat untuk menghadapi penguatan aliansi Amerika Serikat dan Korea Selatan di wilayah tersebut.

3. Pernah Berkunjung ke Rusia

7 Fakta Kedekatan Vladimir Putin dan Kim Jong Un

Foto/Reuters

Kim Jong Un menjadi pemimpin negara yang jarang melakukan kunjungan ke luar negeri. Tapi, dia mau berkunjung ke Rusia karena memiliki kedekatan dengan Putin.

Pada April 2019, Kim Jong Un berkunjung ke Vladivostok, Rusia untuk bertemu Putin. Secara khusus, Kim Jong Un datang dengan kereta api. Dia disambut oleh para pejabat dengan persembahan tradisional berupa roti dan garam.

Saat itu, Putin dan Kim Jong Un membahas "masalah nuklir" semenanjung Korea.

4. Terikat dengan Ikatan Sejarah

7 Fakta Kedekatan Vladimir Putin dan Kim Jong Un

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1916 seconds (0.1#10.140)