Pihak yang Bertikai di Sudan Sepakati Gencatan Senjata 24 Jam

Sabtu, 10 Juni 2023 - 11:10 WIB
loading...
Pihak yang Bertikai di Sudan Sepakati Gencatan Senjata 24 Jam
Pihak yang Bertikai di Sudan Sepakati Gencatan Senjata 24 Jam. FOTO/Reuters
A A A
KHARTOUM - Pihak-pihak yang bertikai di Sudan telah menyetujui gencatan senjata nasional selama 24 jam mulai Sabtu (10/6/2023). Hal itu terungkap dalam sebuah pernyataan bersama dari pemerintah Arab Saudi dan Amerika Serikat, Jumat (9/6/2023).

“Kerajaan Arab Saudi dan Amerika Serikat mengumumkan bahwa perwakilan Angkatan Bersenjata Sudan (SAF) dan Pasukan Dukungan Cepat (RSF) menyetujui gencatan senjata 24 jam di seluruh negeri yang dimulai pada 10 Juni pukul 6:00 waktu Khartoum,” sebut pernyataan Kementerian Luar Negeri Arab Saudi, seperti dikutip dari Arab News.



“Para pihak sepakat bahwa selama gencatan senjata mereka akan menahan diri dari pergerakan yang dilarang, serangan, penggunaan pesawat atau drone, pengeboman udara, serangan artileri, penguatan posisi dan pasokan pasukan, dan akan menahan diri dari mencari keuntungan militer selama gencatan senjata,” lanjut pernyataan tersebut.

“Mereka juga setuju untuk mengizinkan pergerakan tanpa hambatan dan pengiriman bantuan kemanusiaan ke seluruh negeri,” tambahnya.

Namun, pernyataan tersebut mengeluarkan peringatan terhadap pihak yang bertikai: “Jika pihak gagal mematuhi gencatan senjata 24 jam, fasilitator akan terpaksa mempertimbangkan untuk menunda pembicaraan Jeddah”.

Gencatan senjata sebelumnya yang dibuat oleh Arab Saudi dan AS gagal setelah kedua sisi bentrokan Sudan saling menuduh melakukan pelanggaran serius terhadap gencatan senjata.



Gedung Putih telah memperingatkan bahwa sanksi akan dikenakan terhadap perusahaan pertahanan utama dan orang-orang yang "mengabadikan kekerasan" di Sudan karena pihak yang bertikai gagal mematuhi perjanjian gencatan senjata.

“Begitu menjadi jelas bahwa para pihak benar-benar serius untuk mematuhi gencatan senjata, fasilitator siap untuk melanjutkan diskusi yang ditangguhkan untuk menemukan solusi negosiasi untuk konflik ini,” kata Arab Saudi dan AS dalam pernyataan sebelumnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1303 seconds (0.1#10.140)