Zelensky Klaim Sistem Patriot AS 100 Persen Tembak Jatuh Rudal Rusia, tapi...

Selasa, 30 Mei 2023 - 07:03 WIB
loading...
Zelensky Klaim Sistem Patriot AS 100 Persen Tembak Jatuh Rudal Rusia, tapi...
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky klaim tingkat intersepsi sistem Patriot Amerika Serikat 100 persen terhadap rudal Rusia. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengeklaim sistem anti-rudal Patriot yang dipasok Amerika Serikat (AS) 100 persen menembak jatuh rentetan rudal Rusia yang ditembakkan pada hari Senin.

Namun, klaim Zelensky ini janggal karena ada kerusakan pada situs militer yang jadi target serangan Moskow.

“Ketika Patriot di tangan Ukraina memastikan seratus persen jatuhnya rudal Rusia, teror hilang,” kata Zelensky dalam pidato video semalam, seperti dikutip RTE, Selasa (30/5/2023).

"Dengan keberhasilan [militer] kami [melawan Rusia], tekanan kami, Patriot kami, kami harus dan akan terus menanggapi semua manifestasi kejahatan Rusia. Dan kami akan menghancurkan kejahatan ini," ujarnya.



Komentar Zelensky muncul setelah Rusia membombardir Ibu Kota Ukraina Kyiv—oleh Rusia disebut Kiev—dan target Ukraina lainnya dalam semalam dan siang hari menggunakan rudal dan drone. Itu adalah yang terbaru dari rangkaian serangan udara Moskow.

Panglima Militer Ukraina Jenderal Valery Zaluzhny mengatakan bahwa pasukan Rusia menembakkan 11 rudal balistik dan jelajah ke Kyiv pada pagi hari.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pihaknya meluncurkan beberapa serangan dengan senjata presisi jarak jauh yang diluncurkan dari udara terhadap lapangan udara militer Ukraina. Kementerian itu mengeklaim telah menghancurkan semua fasilitas yang ditargetkan.

Serangan Rusia pada siang hari mengikuti pengeboman malam sebelumnya dengan drone dan rudal jelajah. Militer Kyiv mengatakan pertahanan udara Ukraina menjatuhkan 40 target Rusia.

Otoritas wilayah di Ukraina juga memberikan pengakuan langka atas kerusakan pada target militer di wilayah barat Khmelnitskiy akibat serangan Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1038 seconds (0.1#10.140)