10 Ibu Kota Teraneh di Dunia, Nomor 9 Padukan Nuansa Modern dan Margasatwa

Rabu, 31 Mei 2023 - 13:54 WIB
loading...
10 Ibu Kota Teraneh di Dunia, Nomor 9 Padukan Nuansa Modern dan Margasatwa
Nairobi, ibu kota Kenya, memiliki konsep memadukan perkotaan dan kebun binatang. Foto/Reuters
A A A
KAIRO - Ibu kota menjadi jantung suatu negara. Itu menjadi kota yang merepresentasikan budaya dan kepribadian unik suatu negara melalui arsitektur, adat istiadat, dan cara hidupnya. Hanya saja, banyak ibu kota suatu negara kok justru aneh.

Aneh yang didiskusikan adalah pengembangan ibu kota baik konsep hingga tata letak kotanya. Faktor cuaca yang ekstrim hingga kondisi geografis juga menjadi pertimbangan.

Keanehan suatu ibu kota juga akan dirasakan bagi siapa saja yang akan berkunjung. Keanehan itu tentunya karena adanya suatu hal yang ganjil bagi siapapun yang berkunjung.

Berikut adalah 10 ibu kota suatu negara yang tergolong aneh versi newspire.


1. Ashgabat, Turkmenistan

10 Ibu Kota Teraneh di Dunia, Nomor 9 Padukan Nuansa Modern dan Margasatwa

Foto/Reuters

Ibu kota teraneh di dunia adalah ibu kota Turkmenistan, Ashgabat. Kota di Asia tengah ini terkenal dengan arsitekturnya yang unik, dengan bangunan yang terbuat dari marmer putih dan dihiasi dengan kubah emas. Itu menjadikan Ashgabat sebagai kota yang seperti ada di dongeng. Itu juga yang membedakan Ashgabat dengan ibu kota lainnya.

Selain arsitekturnya yang menawan, Ashgabat bisa dianggap aneh menurut standar Barat karena peraturan dan aturannya yang ketat. Kota ini memiliki aturan berpakaian yang ketat dan larangan aktivitas tertentu, seperti mengunyah permen karet dan memainkan musik keras. Namun, peraturan itu menjadikan Ashgabat memiliki lingkungan yang terkendali dan teratur.

Aspek lain yang menambah keanehan kota ini adalah kurangnya lalu lintas. Tidak seperti kota ramai lainnya, Ashgabat membatasi jumlah mobil di jalan. Apa akibatnya? Jalanan ibu kota juga sangat sepi. Bahkan, kesunyian yang mencekam di malam hari. Ini jelas merupakan pengalaman unik dan aneh bagi pengunjung.

2. Plymouth, Montserrat

Plymouth, ibu kota de jure Montserrat, dapat disebut sebagai ibu kota yang aneh karena keadaannya yang terbengkalai. Sebab, kota itu dihancurkan oleh letusan gunung berapi dari gunung berapi Soufrière Hills di dekatnya. Sebagian besar ibu kota tersebut tetap tidak dapat dihuni.

Selain itu, lokasi Plymouth yang berada di sisi gunung berapi aktif menambah keanehannya. Gunung berapi Soufrière Hills masih bisa meletus dari waktu ke waktu, dan hal ini menyebabkan hujan abu dan aktivitas vulkanik lainnya di dalam dan sekitar kota.

Namun, meski terbengkalai dan terletak di dekat gunung berapi aktif, Plymouth tetap menjadi tujuan wisata yang menarik. Pengunjung dapat menjelajahi reruntuhan kota dan belajar tentang sejarah vulkanik di pulau itu. Perpaduan unik antara bencana alam dan sejarah ini menjadikan Plymouth tempat yang benar-benar aneh dan tak terlupakan.

3.Ngerulmud, Palau

Ketika memikirkan ibu kota, sebaiknya memikirkannya sebagai pusat aktivitas manusia yang ramai, bukan?

Nah, Anda mungkin harus menilai kembali keyakinan ini dalam kasus di ibu kota Palau, Ngerulmud. Ngerulmud merupakan kota yang aneh karena beberapa alasan, tetapi salah satu yang utama adalah bahwa ini adalah salah satu ibu kota terkecil di dunia, dengan populasi hanya sekitar 500 orang.

Faktor penyebab keanehan ini lainnya adalah lokasi Ngerulmud di pulau terpencil Babeldaob. Babeldaob merupakan pulau terbesar di Palau, tetapi penduduknya jarang, dan Ngerulmud adalah satu-satunya kota di pulau itu.

Meskipun demikian, Ngerulmud memang berperan sebagai pusat kegiatan pemerintah Palau. Kota ini tersebut menjadi rumah bagi cabang legislatif dan yudikatif negara serta berbagai kantor pemerintah, menjadikannya ibu kota yang berfungsi, jika tidak mungkin.

4. Astana, Kazakhstan

Untuk ibu kota yang berbeda dari yang lain, mungkin ingin mengunjungi Astana, Kazakhstan. Lagi pula, di mana lagi Anda akan melihat arsitektur zaman luar angkasa yang luar biasa indah seperti Istana Perdamaian dan Rekonsiliasi dan Pusat Hiburan Khan Shatyr.

Sejarah ibu kota Kazakh juga menambah keanehan. Astana hanyalah sebuah kota kecil, tetapi, pada paruh kedua abad ke-20, Astana mengalami transformasi yang cepat dan menjadi ibu kota negara pada 1997. Perubahan cepat ini telah memberikan karakter yang berbeda pada kota tersebut.

Iklim ekstrem Astana juga bisa dibilang menjadikannya salah satu ibu kota yang paling aneh. Intinya, musim panas sangat terik, sedangkan musim dingin sangat dingin, dan kontras ekstrim ini membuat Astana menjadi tempat yang menantang untuk ditinggali. Tapi, ini juga kota yang penuh kejutan dan petualangan.

5. Naypyidaw, Myanmar

10 Ibu Kota Teraneh di Dunia, Nomor 9 Padukan Nuansa Modern dan Margasatwa

Foto/Reuters

Naypyidaw, ibu kota Myanmar, dianggap sebagai kota yang aneh karena beberapa alasan. Pertama, Naypyidaw merupakan ibu kota yang relatif baru, yang secara resmi dinyatakan sebagai ibu kota pada 2005. Perubahan ibu kota yang tiba-tiba ini tidak biasa, dan kota itu sendiri memiliki kesan steril dan artifisial, karena sengaja dibangun untuk menjadi ibu kota.

Faktor lain yang berkontribusi pada keanehan Naypyidaw adalah lokasinya. Kota ini terletak di bagian terpencil dan pedesaan. Itu jauh dari pusat populasi penduduk Myanmar. Hal ini membuat kota ini sulit untuk menarik bisnis dan orang, dan memiliki perasaan yang agak menakutkan dan sepi dibandingkan dengan ibu kota lainnya.

Terakhir, tata letak dan desain kota juga aneh dan unik. Kota ini dipenuhi dengan jalan-jalan yang lebar dan kosong, dan gedung-gedung pemerintah yang besar dan luas. Itu menimbulkan kesan kota yang terencana dan memiliki tujuan, tetapi kota yang tidak sepenuhnya ditinggali.

6. Kinshasa, Republik Demokratik Kongo dan Brazzaville, Kongo

Kinshasa yang terletak di dekat perbatasan Republik Demokratik Kongo adalah kota yang menonjol karena keanehannya. Sebagai salah satu kota terbesar di Afrika, Kinshasa dikenal dengan suasananya yang ramai dan kacau, dengan orang, mobil, dan aktivitas memenuhi jalanan.

Hal yang sama dapat dikatakan tentang Brazzaville, yang, meskipun berpenduduk lima kali lebih sedikit dari Kinshasa, masih merupakan kota yang penting. Kedua kota ini memiliki perbedaan sosial yang sangat besar, dengan gedung-gedung tinggi modern yang berdampingan dengan daerah kumuh yang luas.

Namun, yang membuat keduanya aneh adalah kedekatan keduanya. Kinshasa dan Brazzaville menempati tepi seberang sungai Kongo, tepat di seberang satu sama lain. Tidak ada ibu kota besar lain di dunia yang memiliki hubungan sedekat itu, dan ini membuat mereka menjadi kota yang mempesona.

7. Brasilia, Brasil

10 Ibu Kota Teraneh di Dunia, Nomor 9 Padukan Nuansa Modern dan Margasatwa

Foto/Reuters

Tidak pernah jauh dari kontroversi, ibu kota Brasil, Brasilia, merupakan kota yang aneh. Meskipun relatif baru dan dibangun pada 1950-an sebagai ibu kota baru negara. Brasilia memiliki tata letak dan desain perkotaan yang sangat menarik.

Jalan kota dirancang sedemikian rupa sehingga dari atas berpola berbentuk burung. Itu didesain oleh arsitek terkenal Oscar Niemeyer. Kota itu memiliki memiliki gaya modernis dengan lekukan dan bentuk yang sebagian besar tidak seperti tempat lain di Brasil.

Namun, sebagai kota terencana berarti Brasilia relatif tersebar dan berpenduduk jarang, dengan sejumlah besar pegawai pemerintah, tetapi tidak banyak bisnis atau layanan lokal. Hal ini membuat kota ini terasa sepi, terutama jika dibandingkan dengan kota-kota ramai lainnya di Brasil.


8. Ibu kota Administratif Baru (NAC), Mesir

Ibu kota Administrasi Baru Mesir, seperti namanya, adalah kota baru yang saat ini sedang dibangun dari awal di tengah padang pasir. Itu sedang dibangun dengan tujuan menjadi ibu kota baru Mesir, memindahkannya dari Kairo.

Apa yang tidak biasa tentang Ibukota Administratif Baru adalah komposisi bangunannya. Kota ini akan menjadi pusat kegiatan pemerintahan dan bisnis, dengan infrastruktur modern, ruang hijau, dan bangunan berteknologi tinggi. Ini membuatnya menonjol dari kota-kota lain di Mesir, yang lebih dikenal dengan warisan sejarah dan budayanya.

Memang, ukuran dan cakupan Ibu Kota Administratif Baru yang besar membuatnya unik dalam hal ibu kota baru. Kota ini direncanakan menjadi kota berpenduduk lebih dari 7 juta orang, lengkap dengan semua fasilitas dan layanan yang dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari. Skala tugas ini menjadikannya salah satu proyek konstruksi terbesar di dunia.

9. Nairobi, Kenya

Ibu kota teraneh di dunia adalah Nairobi, ibu kota Kenya. Ini memiliki aura eksentrik, karena perpaduan unik antara urbanisasi dan margasatwa, dengan taman nasional dan cagar alam yang terletak di dalam batas kota Nairobi.

Aspek lain yang membuat Nairobi menjadi kota yang aneh adalah perkembangan dan modernisasinya yang bergerak cepat, dengan latar belakang budaya dan tradisi tradisional. Ini menciptakan perpaduan yang dinamis dan eklektik antara yang lama dan yang baru, dan memberi Nairobi karakter unik yang menarik dan tidak dapat diprediksi.

Selain itu, lokasi Nairobi di persimpangan Afrika Timur memberikan kepentingan strategis yang tercermin dalam ekonominya yang berkembang pesat dan populasinya yang beragam. Getaran kosmopolitan ini, dipadukan dengan keindahan alamnya, menjadikan Nairobi tempat yang benar-benar aneh dan indah untuk dikunjungi.

10. Baku, Azerbaijan

10 Ibu Kota Teraneh di Dunia, Nomor 9 Padukan Nuansa Modern dan Margasatwa

Foto/Reuters

Baku, ibu kota Azerbaijan, memadukan warisan lokal dengan infrastruktur modern dengan cara yang benar-benar unik, khususnya untuk wilayah tersebut. Terletak di Laut Kaspia, tepi laut kota berisi campuran benteng batu kuno dan gedung pencakar langit modern, kontras yang relatif tidak terlihat di seluruh dunia.

Faktor lain yang membuat Baku menjadi kota yang menarik adalah perpaduan antara pengaruh Timur dan Barat. Azerbaijan memiliki sejarah pertukaran budaya yang kaya dengan negara tetangga seperti Persia, Rusia, dan Kekaisaran Ottoman, dan ini tercermin dalam arsitektur, masakan, dan budaya kota.

Kota ini juga terkenal dengan industri minyak dan energinya yang berkembang pesat. Itu memberinya tingkat kemakmuran yang jarang terjadi di wilayah tersebut.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1934 seconds (0.1#10.140)