Sindir Oposisi, Erdogan: Gay Tidak akan Menyusup Kepemimpinan Turki

Senin, 29 Mei 2023 - 15:09 WIB
loading...
Sindir Oposisi, Erdogan: Gay Tidak akan Menyusup Kepemimpinan Turki
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Foto/REUTERS
A A A
ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang menggambarkan dirinya sebagai pembela nilai-nilai Islam tradisional, sekali lagi menyebut oposisi sebagai “LGBT”.

Dia menegaskan ideologi liberal Barat tidak akan pernah menyusup ke partainya yang berkuasa atau sekutu nasionalisnya.

Dewan Pemilihan Tertinggi Turki mengonfirmasi kemenangan telak Presiden Recep Tayyip Erdogan atas Kemal Kilicdaroglu pada Minggu malam (28/5/2023).

Menjelang pemilu, Erdogan berulang kali menuduh Kilicdaroglu dan sekutunya pro-LGBT, dan menyuarakan tuduhan serupa dalam pidato kemenangannya di depan kerumunan yang gembira di Istanbul.

Mencantumkan faksi-faksi di blok Aliansi Nasional enam partai saingannya, dan partai politik pro-Kurdi, dia bertanya kepada para pendukungnya apakah mereka setuju bahwa CHP, HDP, IYI, dan "beberapa orang kecil di samping mereka" semuanya adalah "LGBT," hingga disambut sorak-sorai penonton yang meriah.

“Tapi bisakah LGBT menyusup ke Partai AK? Bisakah itu menyusup ke MHP? Bisakah itu menyusup ke anggota Aliansi Rakyat lainnya?” Erdogan bertanya secara retoris.



Dia menyatakan koalisinya yang berkuasa dan sekutunya akan selalu membela nilai-nilai tradisional Turki.

“Setiap pemilihan adalah kelahiran kembali bagi kita. Keluarga adalah sakral bagi kita. Tidak ada yang bisa berbicara menentang keluarga. Kekerasan terhadap perempuan dilarang, itu haram,” tegas dia.

Kilicdaroglu bukanlah pendukung hak-hak gay yang blak-blakan, tetapi telah berjanji mengembalikan Konvensi Istanbul jika terpilih.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1531 seconds (0.1#10.140)