4 Miliader yang Menjadi Kaya Raya di Usia Senja, Nomor 2 Sutradara Legendaris 

Sabtu, 27 Mei 2023 - 10:17 WIB
loading...
4 Miliader yang Menjadi Kaya Raya di Usia Senja, Nomor 2 Sutradara Legendaris 
Boneka bertema Warren Buffett, salah miliader yang menjadi kaya raya, saat usia senja. Foto/Reuters
A A A
NEW YORK - Tak semua miliarder yang masuk jajaran orang kaya versi majalah Forbes pada usia 30 tahunan. Banyak miliarder berkelas dunia yang justru naik kelas pada usia senja.

Itu menjadi pelajaran penting bahwa menjadi miliarder tidak memiliki istilah terlambat. Semua orang bisa menjadi miliarder kapan pun dan pada usia berapapun. Asalkan, tetap mengutamakan inovasi dan kreativitas serta melihat kesempatan dan momentum yang ada.

Makna yang bisa diperoleh juga menunjukkan bahwa perjuangan untuk menjadi miliarder tidaklah instan. Semuanya membutuhkan proses. Sedangkan proses panjang dan berliku tidak akan mengkhianati hasil. Itulah kenapa para miliarder memiliki cerita menarik untuk dipetik hikmahnya.

Berikut adalah 4 miliarder dunia yang meraih status sebagai orang kaya dunia pada usia senja.



1. Warren Buffett: 56

4 Miliader yang Menjadi Kaya Raya di Usia Senja, Nomor 2 Sutradara Legendaris 

Foto/Reuters

Chairman firma investasi Berkshire Hathaway, Warren Buffett, memiliki kekayaan USD79,7 miliar atau Rp 1.196 triliun. Dia menjadi miliarder yang dirintis sendiri pada 1986 atau tepat berusia 56. Seperti dilansir Business Insider, kekayaan bersihnya USD1 miliar diperoleh Berkshire Hathaway menjual saham kelas AS untuk pertama kalinya.

Selama beberapa dekade, Buffett selalu identik dengan kesuksesan berinvestasi. Dia selalu mendapat tempat di Daftar Miliarder versi Forbes. Dikenal dengan "Oracle of Omaha", surat tahunan Buffett kepada pemegang saham adalah kelas master dalam mengelola pasang surut pasar saham. Setiap metode dan strategi yang dibagikan Buffett didasarkan pada pengalaman pribadinya sendiri.

Sebenarnya, Buffett tidak selalu kaya. Nyatanya, dia memulai usahanya dengan hampir tidak memiliki apa-apa. Buffett membangun kekayaannya yang sangat besar melalui keputusan yang bijaksana dan hati-hati yang berfokus pada kualitas dan nilai.

Warren Buffett bukanlah anak laki-laki biasa. Di tahun-tahun awalnya, keahliannya dalam matematika membedakannya dari teman-temannya. Mereka yang mengenalnya saat itu bercerita tentang kemampuannya melakukan perhitungan panjang di kepalanya. Pada usia 7 tahun, Buffett frustrasi dengan tantangan keuangan yang dihadapi keluarganya yang beranggotakan lima orang.

Waffett meminjam sebuah buku berjudul Seribu Cara Menghasilkan USD1.000, dan seorang pengusaha lahir. Buffett menyerap teknik-teknik dalam buku itu dan menemukan cara-cara baru untuk menerapkan informasi tersebut. Segera, dia memiliki serangkaian usaha bisnis yang sukses yang membuka dunia peluang bagi Buffett dan keluarganya.

Buffett berusia 11 tahun ketika dia membeli sahamnya sendiri untuk pertama kalinya. Dia memilih tiga saham Cities Service Preferred, yang masing-masing diberi harga USD38. Saham turun menjadi USD27 per saham, itu membuat Buffett khawatir. Namun, dia bertahan berdasarkan apa yang dia ketahui tentang perusahaan, dan dia diberi penghargaan.

Buffett menjual sahamnya seharga USD40, menghasilkan keuntungan total sebesar USD6. Buffett kemudian mengatakan bahwa pelajaran yang dia terapkan selama sisa hidupnya: pentingnya kesabaran dalam membuat keputusan investasi.

2. George Lucas: 52

4 Miliader yang Menjadi Kaya Raya di Usia Senja, Nomor 2 Sutradara Legendaris 

Foto/Reuters

George Lucas memiliki kekayaan bersih senilai USD5,7 miliar atau Rp85 triliun.

Lucas mungkin arsitek di balik dua waralaba film paling terkenal di zaman ini. Dia menghasilkan sebagian besar uangnya dengan menjual studio produksinya Lucasfilm ke Disney seharga USD4,05 miliar dalam bentuk tunai dan saham pada 2012. Dia pertama kali menjadi miliarder mandiri pada 1996 pada usia 52 tahun.

Dapat dikatakan kalau tidak ada pembuat film abad ke-20 lainnya yang memiliki pengaruh lebih besar pada industri film selain Lucas. Semangatnya untuk inovasi menempa hubungan baru antara hiburan dan teknologi yang merevolusi dunia perfilman dunia. Ketajaman bisnisnya yang luar biasa mengubah lisensi film dan merchandising menjadi industri bernilai miliaran dolar. Dan trilogi "Star Wars" -nya mengantar era mega-blockbuster Hollywood.

Lucas lahir di Modesto, California, pada tanggal 14 Mei 1944, bercita-cita menjadi seorang pembalap mobil. Dia berubah pikiran tentang karir balap, bagaimanapun, ketika kecelakaan yang hampir fatal menghancurkan paru-parunya dan mengirimnya ke rumah sakit selama tiga bulan hanya beberapa hari sebelum lulus SMA. Pengalaman itu mengubah Lucas. Lucas mendaftar di Modesto Junior College, di mana dia mengembangkan ketertarikannya pada sinematografi. Memutuskan untuk berkarier di dunia film, dia mendaftar ke sekolah film Universitas Southern California (USC) yang bergengsi. Semenjak itu, jejak kesuksesannya mulai dirintis dengan pantang menyerah.



3. Carlos Slim: 51

4 Miliader yang Menjadi Kaya Raya di Usia Senja, Nomor 2 Sutradara Legendaris 

Foto/Reuters

Miliader telekomunikasi menjadi orang kaya mandiri pada 1991 pada usia 51 tahun. Investasi properti berkontribusi pada kekayaan Slim. Pada 2015, dia masuk sebagai orang terkaya kedua di dunia. Kekayaan mencapai Rp1.473 triliun.

Slim merupakan konglomerat besar di Meksiko. Bisa dibayangkan saja, jika toko kelontong, penyedia telepon seluler, dan perusahaan konstruksi nasional terbesar semuanya dimiliki oleh perusahaan yang sama. Anda dapat membeli apa saja dan tidak perlu memperkaya pesaing mana pun. Itulah situasi di Meksiko, di mana salah satu orang terkaya di dunia, Carlos Slim.

Forbes mengungkapkan Slim mampu menjadi miliarder karena kecerdasan bisnis dan koneksi politik. Slim lahir pada 28 Januari 1940, di Mexico City, Meksiko. Orang tuanya, Julián Slim Haddad dan Linda Helú Atta dari keturunan Lebanon. Dalam komunitas yang dikhususkan untuk perdagangan, Julian Slim adalah orang yang alami, membuka toko barang kelontong pada tahun 1911, yang berkembang menjadi menawarkan barang dagangan senilai lebih dari USD100.000 hanya 10 tahun kemudian. Dengan hasil dari toko, dia akan membeli real estat utama di Mexico City dengan harga murah selama Revolusi Meksiko 1910-1917.

Investasinya yang cerdas di real estat, bersama dengan kesuksesannya yang berkelanjutan baik sebagai pengecer maupun grosir membuat Julián menjadi orang kaya, dengan kekayaan bersih lebih dari 1 juta peso. Sejak kecil, Carlos menaruh minat pada bisnis ayahnya. Dan ayahnya dengan senang hati mengikuti pelajaran bisnis tentang manajemen, membaca laporan keuangan, dan menyimpan catatan keuangan yang akurat.

4. Larry Ellison: 49

4 Miliader yang Menjadi Kaya Raya di Usia Senja, Nomor 2 Sutradara Legendaris 

Foto/Reuters

Kekayaan Ellison kini diprediksi mencapai USD71,4 miliar atau Rp1.071 miliar.

Pendiri Oracle menjadi miliarder mandiri pada 1993 pada usia 49 tahun. Sejak mengundurkan diri sebagai CEO Oracle pada 2014, Ellison telah mendapatkan reputasi sebagai miliarder yang kerap berpesta dan bergaya hidup mewah.

Dididik oleh ibunya, Florence Spellman, orang tua tunggal berusia 19 tahun, Ellison mengaku pernah menderita radang paru-paru pada usia sembilan bulan. Dia kuliah di Universitas Illinois di Urbana-Champaign pada 1962 tetapi keluar pada 1964. Larry kemudian kuliah sebentar di University of Chicago pada 1966. Dia pergi ke California dan menghabiskan beberapa tahun berikutnya sebagai pemrogram komputer untuk berbagai perusahaan.

Mulai tahun 1973, dia bekerja di perusahaan elektronik Ampex, di mana dia bertemu dengan sesama programmer Ed Oates. Pada 1977, Ellison bergabung dengan Miner dan Oates untuk membentuk Software Development Laboratories (SDL), yang dibuat untuk melakukan pemrograman kontrak untuk perusahaan lain. Pada 1979, mereka merilis Oracle, program basis data relasional komersial paling awal yang menggunakan Structured Query Language (SQL), dan program basis data serbaguna dengan cepat menjadi populer.

Dikenal karena inovasi dan pemasaran yang agresif, perusahaan yang berganti nama menjadi Oracle Systems Corporation (berkembang menjadi Oracle Corporation) pada 1982 setelah produk andalannya, berkembang pesat sepanjang 1980-an, go public pada 1986. Pada 1987, Oracle menjadi perusahaan manajemen basis data terbesar di dunia.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1233 seconds (0.1#10.140)