Rudal Barunya Mampu Jangkau Israel, Iran: AS-Prancis Keberatan Teheran Jadi Kuat

Sabtu, 27 Mei 2023 - 07:09 WIB
loading...
Rudal Barunya Mampu Jangkau Israel, Iran: AS-Prancis Keberatan Teheran Jadi Kuat
Iran menguji coba rudal balistik Khorramshahr-4 yang mampu menjangkau Israel. Amerika dan Prancis mengecam uji coba senjata tersebut. Foto/Twitter via EurAsian Times
A A A
TEHERAN - Pemerintah Iran mengatakan Amerika Serikat (AS) dan Prancis keberatan Teheran menjadi kuat setelah menguji tembak rudal balistik terbarunya, Khorramshahr-4. Misil ini memiliki jangkauan 2.000 kilometer atau mampu menjangkau musuh bebuyutannya; Israel.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani pada Jumat mengatakan Washington dan Paris bermasalah dengan perkembangan Teheran.

Komentar itu sebagai respons atas pernyataan juru bicara Kementerian Luar Negeri Prancis Anne-Claire Legendre yang mengatakan Paris khawatir dengan uji coba rudal balistik terbaru Teheran dan menganggapnya sebagai pelanggaran Resolusi Dewan Keamanan PBB 2231.

“Pemerintah Barat yang sama, terutama AS dan Prancis, yang memainkan peran penting dalam menghasut dan memasok senjata kepada rezim Saddam (Hussein) untuk implementasi agresi militer dan penembakan kota-kota dan orang-orang Iran yang tak berdaya, dan yang merupakan pemasok senjata terbesar di kawasan ini prihatin hari ini dengan kemajuan dan kekuatan pertahanan Iran," tulis Kanaani di Twitter, seperti dikutip dari EurAsian Times, Sabtu (27/5/2023).

"Mereka keberatan Iran menjadi kuat,” lanjut Kanaani.



Media pemerintah Iran sebelumnya melaporkan bahwa uji coba rudal Khorramshahr-4 atau rudal Kheibar berlangsung pada Kamis di hadapan Menteri Pertahanan Brigadir Jenderal Mohammad Reza Ashtiani.

Sebuah video singkat dari upacara tersebut kemudian disiarkan di media pemerintah, di mana para pejabat yang terlibat dalam tes mengklaim itu sukses.

Sementara itu, Ashtiani menegaskan kembali tekad negara untuk memperkuat pertahanannya dan meningkatkan kemampuan Angkatan Bersenjata.

Media pemerintah, IRNA, melaporkan kecepatan rudal terbaru itu bisa mencapai Mach 16 di luar atmosfer dan Mach 8 di dalam atmosfer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1023 seconds (0.1#10.140)