8 Bendera Negara Paling Kontroversial, Nomor 3 Bergambar Penebang Pohon

Kamis, 25 Mei 2023 - 12:06 WIB
loading...
8 Bendera Negara Paling Kontroversial, Nomor 3 Bergambar Penebang Pohon
Bendera milik beberapa negara dianggap kontroversial karena desain dan warnanya. Foto/Reuters
A A A
NEW YORK - Bagi suatu negara, bendera merupakan kebanggaan yang berharga yang menunjukkan suatu nasionalisme. Namun, terkadang bendera suatu negara menimbulkan kontroversi karena makna, bentuk hingga warnanya.

Umumnya, warna bendera di berbagai negara memiliki unsur utama merah, biru, dan putih yang dapat ditemukan di sebagian besar bendera. Merah biasanya melambangkan keberanian dan darah, biru digunakan untuk melambangkan kesetiaan, kekuatan, dan ketekunan, sedangkan putih melambangkan kesucian dan kebajikan. Warna itu kerap diasosiasikan dengan elemen budaya, sejarah, atau wilayah suatu negara.

Bentuknya hampir sama pentingnya dengan warna adalah desain bendera. Itu berkaitan dengan bentuk dan ikon dari bendera masing-masing negara.

Berikut adalah 8 bendera suatu negara yang dinilai kontroversial.

Baca Juga: Alasan Bendera Negara-negara Mayoritas Muslim Gunakan Bulan Bintang

1.Bhutan

8 Bendera Negara Paling Kontroversial, Nomor 3 Bergambar Penebang Pohon

Foto/Dailybhutan

Bendera nasional Bhutan menampilkan dua warna: kuning dan merah, dengan naga yang memegang permata di tengahnya.
Naga menjadi simbol penting di banyak negara Asia. Bhutan secara khusus mendesain benderanya untuk menghormati simbol khusus naga tersebut.

Naga di bendera Bhutan melambangkan Druk, yang merupakan naga guntur Bhutan. Gambar naga memegang permata yang disebut Norbu. Warna kuning pada bendera melambangkan tradisi sipil negara sedangkan bagian merah melambangkan spiritualisme Buddha.

2. Kyrgyzstan

8 Bendera Negara Paling Kontroversial, Nomor 3 Bergambar Penebang Pohon

Foto/Reuters

Bendera Kyrgyzstan mungkin terlihat seperti gambar bola tenis di atasnya, tetapi sebenarnya itu adalah matahari yang dilintasi oleh dua set tiga garis. Sosok ini mewakili mahkota dari bangunan tempat tinggal portabel tradisional Kyrgyzstan yang disebut yurt.

Di sekeliling matahari, ada empat puluh sinar yang terlihat sangat mirip satu sama lain. Berdasarkan tradisi, itu mewakili empat puluh suku Kirgis yang dipersatukan oleh pahlawan Manas, untuk melawan bangsa Mongol.

3. Belize

8 Bendera Negara Paling Kontroversial, Nomor 3 Bergambar Penebang Pohon

Foto/loopnews

Sebagian besar bendera menampilkan desain dan motif yang mudah ditafsirkan, atau setidaknya mudah dipahami, tapi tidak demikian dengan Belize. Gambar pada bendera negara Belize sedikit lebih rumit.

Kenapa?

Di tengah bendera adalah mestizo dan para penebang kayu hitam dengan peralatannya. Para lelaki itu melingkari daun-daun pohon mahoni. Simbolisme ini sulit dipahami, tetapi ini mewakili industri penebangan yang merupakan bagian penting dari ekonomi Belize.



4. Nepal

8 Bendera Negara Paling Kontroversial, Nomor 3 Bergambar Penebang Pohon

Foto/Reuters

Lambang pada suatu bendera mewakili warisan budaya dan agama di negara. Khusus bendera Nepal, bulan di kiri atas dipercaya sebagai representasi rahmat dan kedamaian, sedangkan matahari melambangkan ketabahan dan kekuatan. Area merah tua di segitiga tengah menandakan keberanian dan keberanian dengan membangkitkan citra pemerintahan yang penuh dengan keberanian, kekuatan, kemurahan hati, dan dedikasi.

Bendera berbentuk persegi panjang ini unik dalam dimensinya yang panjangnya dua kali lipat tingginya – berukuran 8:4 secara horizontal. Secara historis, rasio khusus ini telah digunakan pada bendera di seluruh dunia setidaknya sejak 700 M.

Bendera Nepal sudah diciptakan sejak penobatan Raja Prithivi Narayan Shah pada tahun 1768. Dia merancang pola khusus ini untuk menghormati keberanian leluhurnya selama pertempuran.

Bendera tersebut secara resmi diadopsi pada 16 Desember 1962 ketika Nepal berubah dari monarki menjadi republik.

5. Korea Utara

8 Bendera Negara Paling Kontroversial, Nomor 3 Bergambar Penebang Pohon

Foto/Reuters

Bendera Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK) dicirikan oleh bidang merah dengan piringan putih. Itu menunjukkan bintang merah berujung lima di atas garis horizontal biru di tengahnya. Desain ini terinspirasi oleh Bendera Partai Buruh Korea dan diadopsi pada 1948.

Desain cakram putih melambangkan semangat dan persatuan, sedangkan pita biru yang melintasinya melambangkan gravitasi, keseimbangan, dan kedamaian. Bintang melambangkan sosialisme, kemajuan, dan martabat bangsa. Warna merah melambangkan Marxisme-Leninisme dan tradisi revolusioner rakyat yang mengabdikan hidupnya untuk membangun bangsa yang merdeka.

6. Meksiko

8 Bendera Negara Paling Kontroversial, Nomor 3 Bergambar Penebang Pohon

Foto/Reuters

Bendera Meksiko telah digunakan sejak 24 Februari 1968, ketika Kongres Meksiko menyetujuinya. Tiga warna vertikal merah, putih, dan hijau pada bendera terinspirasi oleh gerakan kebebasan nasional pada abad ke-19. Dikatakan telah didasarkan pada bendera pra-Hispanik yang digunakan oleh suku Aztec selama perjuangan mereka melawan penaklukan Spanyol.

Di tengahnya terletak seekor elang bertengger di atas kaktus sambil memakan seekor ular. Simbol ini berasal dari mitologi dan legenda Aztec, yang didokumentasikan oleh penjajah pada 1519 selama kedatangan mereka di Tenochtitlan (Mexico City).

Menurut mitos di Meksiko, Huitzilopochtli (dewa pelindung Aztec) menginstruksikan mereka untuk menemukan pemukiman mereka di mana mereka melihat seekor elang memakan ular sambil bertengger di atas kaktus yang tumbuh dari danau Texcoco. Adegan ini muncul di banyak stempel pemerintah Meksiko saat ini.

7. India

8 Bendera Negara Paling Kontroversial, Nomor 3 Bergambar Penebang Pohon

Foto/Reuters

Bendera India terdiri dari tiga warna horizontal dengan proporsi yang sama dengan kuning tua di bagian atas, putih di tengah, dan hijau tua di bagian bawah. Bendera itu memiliki roda biru laut 24 palang di tengahnya, yang dikenal sebagai Cakra Ashoka atau Dharmachakra (Roda Hukum).

Chakra Ashoka, diambil dari Lion Capital di Sarnath, awalnya diadopsi oleh Kongres Nasional India selama perjuangan mereka untuk kebebasan dan kemudian dimasukkan oleh Pt. Nehru di Bendera Nasional India pada 22 Juli 1947.

8. Mozambik

8 Bendera Negara Paling Kontroversial, Nomor 3 Bergambar Penebang Pohon

Foto/flagmakers

Bendera Mozambik merupakan representasi unik dan penuh warna dari sejarah dan aspirasi negara. Diadopsi pada 1 Mei 1983, bendera tersebut menampilkan tiga warna horizontal pita hijau, hitam, dan kuning, dengan segitiga sama kaki merah di sisi kerekan.

Segitiga diisi dengan bintang kuning berujung lima, di dalamnya ada senapan serbu hitam yang melambangkan perjuangan mereka untuk kemerdekaan, cangkul hitam melambangkan pertanian negara, dan buku putih terbuka melambangkan pendidikan.

Garis hijau melambangkan sumber daya pertanian negara, sedangkan garis hitam melambangkan benua Afrika dan perjuangan kemerdekaan. Garis kuning melambangkan mineral dan sumber daya alam negara, terutama emas. Bintang kuning mewakili perjuangan negara untuk kemerdekaan, serta solidaritas dan dukungan internasional untuk sosialisme.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1737 seconds (0.1#10.140)