Korsel Batalkan Rencana Peluncuran Satelit karena Masalah Teknis

Rabu, 24 Mei 2023 - 18:41 WIB
loading...
Korsel Batalkan Rencana Peluncuran Satelit karena Masalah Teknis
Korsel Batalkan Rencana Peluncuran Satelit karena Masalah Teknis. FOTO/Yonhap
A A A
SEOUL - Korea Selatan (Korsel) membatalkan rencana peluncuran satelit kelas komersial pertamanya pada Rabu (24/5/2023) karena masalah teknis. Pembatalan ini terjadi beberapa hari setelah Korea Utara (Korut) menegaskan kembali dorongannya untuk menempatkan satelit mata-mata militer pertamanya ke orbit.

Seperti dilaporkan AP, pembatalan diumumkan sekitar dua jam sebelum kendaraan peluncuran luar angkasa Nuri buatan Korsel yang membawa delapan satelit – termasuk yang utama, kelas komersial – dijadwalkan lepas landas dari fasilitas peluncuran selatan.



Oh Tae-seok, wakil menteri sains pertama, mengatakan pada konferensi pers yang disiarkan televise, bahwa anomali komunikasi antara komputer kendali peluncuran dan komputer kendali landasan peluncuran ditemukan selama proses persiapan peluncuran.

“Korsel akan mempertimbangkan penjadwalan ulang peluncuran paling cepat Kamis (24/5/2023), jika pihak berwenang memperbaiki masalah teknis lebih awal,” jelasnya.

Rencana peluncuran satelit Korsel telah diawasi dengan ketat oleh pihak luar. Pekan lalu, pemimpin Korut Kim Jong-un meninjau satelit mata-mata yang telah selesai dan menyetujui rencana aksi peluncurannya di masa depan.



Selama kunjungannya ke badan kedirgantaraan negara itu, Kim juga menyebutkan pentingnya strategis satelit mata-mata sambil bersumpah untuk bertahan melawan "gerakan konfrontatif" oleh pasukan Korea Selatan dan AS, menurut media pemerintah.

Sejak awal tahun 2022, Korut telah meluncurkan uji coba lebih dari 100 rudal—beberapa di antaranya senjata berkemampuan nuklir yang dirancang untuk menyerang Korsel dan AS.—dalam apa yang disebut sebagai upaya untuk menanggapi perluasan latihan militer antara Amerika Serikat dan Korsel.

Analis mengatakan, uji coba Korut kemungkinan besar dimaksudkan untuk menekan para pesaingnya untuk mengurangi pelatihan militer mereka dan melonggarkan sanksi ekonomi terhadap Korut.



Jung Chang Wook, kepala think tank Forum Studi Pertahanan Korea di Seoul, mengatakan dorongan Korut baru-baru ini untuk peluncuran satelit mata-mata menunjukkan bahwa mereka sangat peduli dengan program peluncuran satelit Korsel.

Pejabat Korsel mengatakan, peluncuran satelit tingkat komersial mereka tidak memiliki tujuan militer. Tetapi banyak ahli mengatakan itu pada akhirnya akan membantu Korsel memperoleh teknologi dan pengetahuan yang diperlukan untuk mengoperasikan satelit pengawasan militer dan membangun rudal yang lebih kuat.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)